Diduga Penggelapan Suara,Warga Seri Kembang Kembali Gelar Aksi Damai

Spread the love

Jurnalline.ccom, Seri Kembang Ogan Ilir (Sumsel) – Ratusan masyarakat Desa Seri Kembang Kecamatan Muara Kuang gelar aksi damai yang kedua kalinya di depan Gedung DPRD OI,Senin (28/11) .

Sangat menarik,aksi damai menuntut kecurangan pilkades serentak 12 Oktober 2016 tersebut agak berbeda dengan aksi-aksi lain,di karenakan dari ratusan massa pendukung pada barisan depan terdapat grup Robana yang melantunkan lagu perdamaian.

Salah satu warga Desa Seri Kembang Zulfika memintak Ketua DPRD,anggota DPRD khususnya dapil V agar dapat bersama-sama mendampingi kami untuk menemui Plt Bupati.

Di katakan Fika,dari data dan fakta di lapangan,adanya indikasi kecurangan pada saat proses perhitungan suara yang di lakukan oleh panitia pilkades di Tempat Penghitungan Suara (TPS) dengan cara memanipulasi data melalui berita acara yang memenangkan calon kades No urut 4 Badarudin Husin dengan 250 suara,berdasarkan keterangan ke empat saksi dari masing-masing calon,bahwa suara terbanyak adalah calon No urut 1 Muhsinin Sopian dengan jumlah 253 suara.

Lebih jauh di katakannya,berdasarkan hasil kesepakatan yang di tanda tangani oleh seluruh calon kades,penyelenggara pilkades,Badan Pengawas Desa,Camat Muara Kuang,Kapolsek,Koramil bahwa telah di sepakati oleh para calon kades diantaranya tidak boleh menggunakan money politk,tidak boleh menzolimi sesama calon dan  beserta sangsi yang sudah di sepakati,” jelas Fika.

Berdasarkan data KPPS Desa Seri Kembang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir tanggal 12 Oktober 2016. No urut 1. Mukhsinin Sopian 244 suara. 2. Yun Soleh 103 suara. 3. Efan Nuradi 206 suara. 4. Badarudin Husin 250 suara dan 5. Samsul Muin 196 suara. Jumlah suara sah seluruh sebesar 999 suara. Suara tidak sah 9 suara. Jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 1008 suara.Sementara jumlah surat suara yang di terima termasuk cadangan 2,5% adalah 1232 surat suara.Jumlah surat suara yang tidak di gunakan 224 surat suara.Jumlah DPTB2 49 surat suara.Jumlah surat suara yang di gunakan 1008 surat suara.

Adapun data dari saksi keempat calon kades Desa Seri Kembang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir pada tanggal 12 Oktober 2016. No urut 1. Mukhsinin Sopian mendapat 253 suara. 2. Yun Soleh 103 suara. 3. Efan Nuradi 206 suara. 4. Badarudin Husin mendapat 250 suara dan 5. Samsul Muin 196 suara. Jumlah sah suara kelima calon 1008.suara tidak sah 9 suara. Jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 1017 suara.Jumlah surat suara yang di terima termasuk cadangan 2,5% 1236 surat suara.Jumlah surat suara yang di kembalikan oleh pemilih karena rusak/keliru coblos 1 surat suara. Jumlah surat suara yang tidak si gunakan 218 surat suara. Jumlah dptb2 75 surat suara. Jumlah surat suara yang di gunakan sebanyaj 1017 suara.

Dengan alasan diatas tadi,maka  kami mengharapkan kiranya Plt Bupati tidak melantik saudara Badarudin dan menetapkan saudara Mukhsinin Sopian menjadi pemenang pilkades serentak 12 Oktober 2016 Desa Seri Kembang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir,”jelas Zulfika.

Komisi I DPRD OI Kusharyadi memintak kepada Plt Bupati agar semua yang bermasalah saat pelaksanaan Pilkades serentak pada 12 Oktober 2016 agar tidak di lantik,”harapnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD OI A.Syafe’i SSos megatakan saat bertatap muka dengan warga Seri Kembang di ruang rapat DPRD, menyampaikan dan mengingatkan kepada pihak Eksekutif dalam hal ini BPMD agar dapat menyelesaikan permasalahan terkait pelaksanaan pilkades serentak kemarin,dan yang memiliki permasalahan agar tidak ditetapkan sebagai pemenang pilkades dulu sebelum permasalahan-permasalahan yang ada di desa terselesaikan,singkatnya.

(Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.