Warga Babakan Sambut Wali Kota Tangerang dalam Tasyakuran Masjid Jami Al Amin

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA TANGERANG – Masjid tak sekedar tempat ibadah, akan tetapi sebagai sarana memperkuat ukhuwah, persatuan dan kesatuan diantara umat. Tantangan kita semua yaitu memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan positif yang membawa perubahan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, saat acara tasyakuran Masjid Jami Al Amin, di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 25, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Sabtu (28/01).
Masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, lanjut wali kota, tentu menuntut pengelolaan masjid yang baik, karena kemakmuran sebuah masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya.
Sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. Shalat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan masjid dan upaya memberdayakan masjid melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat dan memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.
Seperti halnya upaya Pemkot Tangerang untuk terus membangun sumber daya manusia yang tak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan akan tetapi juga ilmu agama. Melalui program Tangerang Belajar dan Mengaji.
Menurutnya, masjid memberikan tuntunan bagi masyarakat. Di dalam masjid, kita diajarkan harus dalam keadaan bersih dan suci saat menghadap sang pencipta. Tuntunan ini tentunya diharapkan menjadi suatu tatanan yang juga turut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
“Masjidnya sudah bagus, mari jaga kebersihannya baik di dalam masjid maupun di lingkungan sekitarnya,” serunya.
Apalagi pembangunan masjid yang dilakukan secara gotong royong ini, diharapkan akan semakin menguatkan kebersamaan dan kekompakan diantara warga Kota Tangerang, khususnya di wilayah Babakan untuk senantiasa menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian, Kota Tangerang yang akhlakul karimah, madani serta baldatun toyyibun warobbun ghafur, tentunya akan senantiasa dilimpahkan oleh Allah SWT karena diantaranya kita semua menjaga kebersihan baik jiwa, raga dan tentunya lingkungan.
“Tuntunan dari masjid harus diimplementasikan dalam tatanan kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali menjaga kebersihan lingkungan agar Kota Tangerang semakin nyaman,” pesannya.
Senada dengan wali kota, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Amin, Ust. Salwani, menegaskan, dirinya bersama para pengurus masjid senantiasa berupaya menjadikan masjid tak hanya sebagai tempat ibadah akan tetapi juga turut memberdayakan masjid sebagai pusat pendidikan, penyebaran syiar Islam, tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat dan juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.
“Itulah yang akan terus kami perjuangkan dan kami ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan bapak wali kepada kami disini,”  ucapnya.
Sementara itu, Ibu Jujun, salah satu warga Babakan, mengungkapkan rasa kebahagiaannya dengan adanya masjid Al Amin yang sudah bagus ini. Dirinya sangat senang dan tambah semangat untuk terus memakmurkan masjid. Dirinya dan warga Babakan akan terus berupaya menjaga aktivitas rutin keagamaan yang selama ini telah berjalan. Tak hanya ibadah solat berjamaah, tapi juga pengajian dan kegiatan keagamaan seperti peringatan maulid nabi maupun kegiatan Tangerang Belajar dan Mengaji.
“Pengajian ibu-ibu setiap rabu, anak-anak selepas solat berjamaah dari senin-kamis serta pengajian rutin bagi bapak-bapak akan terus dilakukan di masjid kebanggaan warga Babakan ini,” terangnya.
(DN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.