Kodim 0402 OKI Gelar Rapat Persiapan Latihan Bersama

Spread the love

* Kesiagaan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Jurnalline.com, KAYUAGUNG OKI (Sumsel) – Dalam Pemantapan Persiapan latihan bersama oprasional pengendalian kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun 2017, yang melibatkan seluruh Satuan Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan seluruh Perusahaan yang berada dalam wilayah bumi bende seguguk.

Rapat persiapan tersebut digelar di aula makodim 0402 OKI-OI, Senin (27/2/2017). Latihan bersama kesiagaan pemgendalian Karhutla tersebut rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 6 maret 2017 sampai dengan 10 maret 2017. Adapun rangkaian persiapan dari tanggal 7-8 maret 2017 akan digladi di makorem 044 gapo palembang dan tanggal 9-10 maret 2017 akan digelar di Kabupaten OKI yakni Apel persiapan dihalaman Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) atau kantor Bupati OKI yang dipimpin langsung oleh Bupati OKI serta simulasi akan dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Perahu Kajang.

Kasdim Kodim 0402 OKI/OI Mayor inf. E suparman menjelaskan dalam rapat persiapan latihan bersama kesiagaan oprasional pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2017 benar diselenggarakan dikodiklat makodim 0402 OKI dan melibatkan seluruh instansi dan perusahaan yang berada diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Damkar, kepolisian serta dinas-dinas terkait serta 34 perusahaan,”jelasnya.

Lanjutnya, dalam rapat persiapan tersebut kita melibatkan perusahaan dan sarana prasarana yang memadai seperti persiapan peealatan pemadam kebakaran, jumlah personil serta alat-alat yang telah dimiliki oleh perusahaan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan apabila terjadi.

“Rapat persiapan ini bertujuan satu komando dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan khususnya serta mendata apasaja sarana dan prasaran yang telah siap /dimiliki oleh perusahaan ataupun SKPD dalam mencegah dan menanggulangi, namun kita berharap kabupaten OKI 2017 zero akan kebakaran hutan dan lahan,”tegasnya.

(Salim/novi/anom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.