Prajurit Satkor Koarmabar Latihan VBSS

Spread the love

Jurnalline.com, KOARMABAR – Prajurit Satuan Kapal Eskorta Komando Armada RI Kawasan Barat (Satkor Koarmabar) melaksanakan Latihan Visit Board Search And Seizure (VBSS). Latihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 22 hingga 24 Maret 2017 di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Materi yang dilatihkan meliputi Markmanship (menembak), Close Quarter Combat (latihan pertempuran dalam ruangan), Hook and Climb (latihan memasang dan memanjat tangga di atas geladak kapal), Ship Movement (latihan teknik bergerak di geladak kapal), Prisoner Handling (latihan penanganan musuh yang tertangkap), Mission Planning (penyusunan rencana) dan Medical Evacuation (latihan penanganan terhadap korban yang terluka/tertembak).

Latihan tersebut diikuti 115 orang yang terdiri dari prajurit pengawak tiga unsur Satkor Koarmabar yakni KRI Sutanto-377, KRI Imam Bonjol-383 dan KRI Silas Papare-386. Dalam latihan ini juga melibatkan unsur KRI Sutanto-377, KRI Imam Bonjol-383, KRI Silas Papare-386, satu unit sekoci karet serta prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmabar dan personel Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmabar.

Menurut Komandan Satkorarmabar Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., bahwa tujuan latihan ini adalah untuk memelihara kemampuan satuan sesuai tugas dan fungsi asasi KRI dan meningkatkan profesionalisme prajurit melalui pemahaman prosedur operasional teknis dan taktis guna mendukung kesiapan operasi Koarmabar dalam menunjang kesiapsiagaan operasi untuk melaksanakan tugas-tugas Koarmabar.

Lebih lanjut dikatakan Komandan Satkorarmabar bahwa sasaran latihan adalah terpeliharanya kemampuan satuan-satuan sesuai dengan tugas dan fungsi asasi KRI masing-masing. Terwujudnya kemampuan Tim VBSS unsur-unsur Satkor Koarmabar untuk mendukung kesiapan operasional kapal dalam menghadapi berbagai tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut serta segala kemungkinan kontijensi yang terjadi.

(Dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.