Gembiranya Anak-Anak Panti Saat Rekreasi

Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA –¬†Sekumpulan anak Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 Dinas Sosial DKI Jakarta bergembira saat tiba di Taman Matahari, Bogor, Jawa Barat. Anak-anak panti itu diajak berekreasi agar bersuka-cita.

Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, Marwiyanti mengemukakan, rekreasi sebagai  salah satu pemenuhan hak dasar anak. Selain kebutuhan makan, minum dan pendidikan, hak dasar anak adalah berekreasi.

“Masa anak-anak merupakan masa bermain. Jika kita menghilangkan salah satu kebutuhan mereka bisa berakibat pada tumbuh kembang mental mereka. Kami ingin tumbuh kembang mereka sama dengan anak-anak normal lainnya,” kata Marwiyanti saat ditemui pada Jumat (21/7).

Karena memang, katanya, sebagian anak-anak yang berada di panti ini merupakan anak telantar yang tidak memiliki keluarga atau anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Sehingga berekreasi seperti ini dapat memberikan kegembiraan untuk mereka.

“Ini juga bagian dari bimbingan sosial yang kami berikan. Supaya mereka bisa gembira dan senang. Jadi biar nggak iri dengan anak-anak yang di luar panti. Karena mereka juga bisa kok ikut rekreasi,” tandas wanita yang biasa disapa Mar ini.

Di dalam rekreasi ini, lanjutnya, selain menikmati permainan air yang ada di taman rekreasi tersebut. Anak-anak antusias menikmati permainan perahu naga, perahu kano, dan perahu lainnya.

“Rekreasi ini hasil dari peran serta masyarakat yang membantu anak-anak. Mulai dari tiket masuk hingga mobil. Sedangkan konsumsi kami yang fasilitasi,” kata Mar.

Selain itu, rekreasi ini sebagai bagian dari liburan sekolah mereka. Karena mereka telah selesai ujian dan naik kelas. Ada juga yang sudah lulus sekolah.

Anak panti saat ini berhasil naik kelas sekitar 93 persen. Sedangkan anak yang lulus sekolah sudah 100 persen. Namun untuk anak-anak yang disalurkan ke dunia kerja baru mencapai 50 persen.

“Kami juga perlu menelusuri keluarga dari anak-anak yang telantar ini. Untuk mengurus Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan adminitrasi lainnya. Alhamdulillah ini melebihi target kami,” imbuh Mar.

Ia berharap rekreasi seperti ini mampu memberikan dampak yang baik bagi mental khususnya tumbuh-kembang anak. Karena selama ini mereka dihadapkan dengan rutinitas yang sama. Mulai pagi, mereka mandi, sarapan, sekolah, aktivitas keterampilan dan lain-lain. Begitu terus setiap harinya.

“Rekreasi ini menurut kami merupakan kegiatan yang sangat penting. Karena kami tahu manfaatnya sangat positif bagi anak. Anak-anak tidak jenuh dan kembali semangat untuk belajar,” ujar Mar.

(Haryati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.