Latihan Kesiapsiagaan Koarmabar 2017 Melaksanakan Olah Yudha

Spread the love

Jurnalline.com, KOARMABAR – Latihan Kesiapsiagaan Koarmabar Tahun 2017 melaksanakan kegiatan Olah Yudha melalui Tactical Floor Game (TFG), di Aula Yos Soedarso, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No. 67, Jakarta Pusat, Jumat (7/7). Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., didampingi Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyanto, S.E., M.M.

Kegiatan Olah Yudha tersebut diawali dengan paparan Cara Bertindak (CB) staf dalam rangka penyempurnaan Rencana Operasi (RO) Latihan Kesiapsiagaan Koarmabar 2017. Kemudian dilanjutkan paparan RO oleh Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) Pundhi Rusbandhi yang dilanjutkan dengan  TFG di Aula Yos Sudarso dan disaksikan langsung oleh Komandan Komando Pendidikan Dan Latihan  (Dankodiklat) TNI Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto, M.B.A.

Dalam TFG tersebut, para pelaku latihan melaksanakan simulasi operasi SAR terhadap KM. Sagara yang mengalami musibah pelayaran yaitu kebakaran, kebocoran dan tenggelam di perairan utara Batam, Kepulauan Riau. Simulasi yang dilaksanakan meliputi latihan teknik dan prosedur, mekanisme koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait, mekanisme pencarian korban, evakuasi medis dan pengamanan lokasi kejadian, mekanisme komando, kendali, komunikasi dan interlijen serta gelar Posko darurat.

Dalam Latihan Kesiapsiagaan Koarmabar 2017 dengan nama Operasi Laka Sagara-17A, Koarmabar akan mengerahkan 960 personel yang terdiri dari personel Mako Koarmabar, Lantamal IV Tanjungpinang, Lanal Batam, 4 KRI yakni KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Siwar-646 dan KRI Lepu-861, 2 Sea Raider, 2 Combat Boat, Tim Satkopaska, Tim Dislambair serta Pesawat Udara TNI Angkatan Laut jenis Cassa P-852 dan Heli NV-412.

Hadir dalam acara tersebut, Wadirlat Marsekal Pertama TNI Timbang Sembiring, Ketua Tim Penilai dari Kodiklat TNI Brigadir Jenderal TNI Awaludin, S.E., M.M., para Pejabat Utama Koarmabar dan seluruh peserta Latihan Kesiapsiagaan Koarmabar 2017.

(DISPEN KOARMABAR / Dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.