Pilkada Kota Tangerang, Forwat Tetap Jadi Sosial Kontrol KPU

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Forum Wartawan Tangerang ( Forwat ), menyatakan sikap akan tetap menjadi sosial kontrol sesuai fungsi dan tugas jurnalis yang diamanatkan UU pers No 40 tahun 1999.

Demikian hal tersebut ditegaskan Andi Lala selaku Ketua Forwat saat gelar audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Kamis (27/7/2017) di Rumah Makan Kawali, Cikokol Kota Tangerang.

Audiensi antar lembaga itu dilakukan KPU Kota Tangerang guna mencari masukan dalam rangka sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih Pilkada Kota Tangerang, yang akan dihelat 27 Juni 2018 mendatang.

Ketua Forwat Andi Lala mengatakan, seluruh media yang tergabung dalam lembaganya akan mendukung langkah dan program KPU Kota Tangerang dalam penyelenggaraan Pilkada 2018 mendatang. Menurut dia sosialisasi dan publikasi media mempunyai peran penting dalam pelaksanaan event lima tahunan itu, yaitu diantaranya adalah sebagai pusat informasi masyarakat dan meningkatkan partisipasi pemilih. Meski begitu kata Andi, peran Forwat sebagai lembaga profesi jurnalis tetap akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai sosial kontrol. Tidak terkecuali saat pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Tangerang 2018 yang akan diselenggarakan KPU Kota Tangerang.

“Kami mendukung dan akan membantu sosialisasi KPU Kota Tangerang sebagai penyelenggara Pilkada nanti. Sesuai tugas dan fungsinya. Dari awal kami (forwat-red) berkomitmen sebagai lembaga kontrol sosial. Jadi kita juga akan tetap menjadi kontrol untuk KPU. Ya, tentu sesuai fakta di lapangan,” tegas pria yang disapa Lala ini.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi dan bersama jajarannya mengucapkan terimakasih atas masukan yang disampaikan pengurus Forwat. Menurut dia, kelancaran pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang perlu dukungan semua pihak. Terutama peran media sebagai penyebar informasi kepada masyarakat.

“Sesuai tagline kami “bersama sukses”. Untuk mensosialisasikan Pilkada ini kami perlu dukungan semua pihak. Ya,termasuk media. Kami fungsikan media center untuk rekan rekan wartawan untuk mengakses informasi. Ya, bisa sambil ngopi disana,” kata Pane sapaan akrabnya.

Selain pengurus, pertemuan kedua lembaga itu juga dihadiri puluhan anggota forwat baik wartawan media cetak maupun media elektronik.

(GusNur/Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.