Puluhan ODMK Ikuti Out Bond

Spread the love

Jurnalline.com, CITEREUP (JAWA BARAT) – Orang Dengan Masalah Kejiwaan penerima manfaat dari Unit Informasi Layanan Sosial Rumah Kita milik Dinas Sosial DKI Jakarta mengikuti Out Bond di Pasir Mukti Citereup Bogor, Jawa Barat.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial DKI Jakarta Titi Purwanti mengemukakan, out bond yang diikuti oleh 50 orang penerima manfaat sebagai bagian dari membangun kepercayaan diri.

“Mereka ini biasanya nggak pede. Kadang minder. Padahal meskipun kondisi mereka seperti itu namun mereka punya peluang untuk pulih,” tandas Titi pada Rabu (26/7).

Kepulihan mereka, katanya, tentu harus diupayakan dengan terapi seperti out bond ini. Pihaknya pun mengajak tim psikososial Dinas Sosial untuk bekerja sama dalam proses kepulihan mereka.

Dalam out bond itu, 50 ODMK itu diajak mengikuti permainan kelompok untuk melatih komunikasi, interaksi, dan respon diri mereka. Mereka diharuskan fokus dalam setiap permainan.

“Ini untuk membantu kepulihan mereka. Salah satu upaya pemulihan mereka itu dengan diajak komunikasi dan interaksi,” ujar Titi.

Selain itu, pihaknya juga mengajak keluarga dari mereka untuk ikut terlibat dalam proses pemulihan. Mereka juga diberikan motivasi agar selalu memperhatikan keluarganya.

“Kami sampaikan kepada keluarga jangan sampai lupa minum obat. Ajak mereka ngobrol, interaksi. Jangan dibiarkan ngelamun,” kata Titi.

(Haryati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.