Dipedamaran OKI Lomba Kebut Perahu Berhadiah Kerbau

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Perlombaan Kebut Perahu menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan masyarakat Pedamaran Kabupaten OKI, Sumatera Selatan (Sumsel).

Perlombaan ini dibagi menjadi dua kelas berdasarkan jenis perahu, yaitu jenis perahu bidar dan dangkuk. Perahu bidar digunakan untuk perlombaan (pancalan), perahu dangkuk yang biasa digunakan warga untuk pergi ke sawah dan mencari purun.(21/08/2017).

Sebanyak 14  unit perahu bidar mini ditambah 21 perahu dangkuk adu cepat sore itu di bentangan Sungai Babatan. Julukan perahu yang didayung oleh lima orang itu sungguh unik. Sebut saja Koboy Kuro, Ular Aek, Sampah Emas sampai Lintang Pulat.

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT RI ke 72 di gelar Senin, 21/8, siang. Kendati panas terik, para peserta tetap antusias untuk melanjutkan perlombaan demi memperebutkan hadiah.

ada pun hadiah yang disiapkan panitia terbilang unik, yaitu juara I bidar mendapat satu ekor kerbau sedangkan juara satu kelas perahu dangkuk mendapatkan seekor kambing. Juara II dan III masing-masing mendapat uang pembinaan.

Camat Pedamaran Herkules melalui Sekretaris Kecamatan, Gusnadi Osen mengatakan lomba perahu bidar ini merupakan acara tahunan. Kegiatan ini kembali digelar karena antusias warga yang tinggi.

“Ini sudah jadi tradisi kami untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan. Sebagai bentuk rasa syukur dan menjaga kebersamaan,” Gusnadi

Bupati OKI, H. Iskandar, SE turut hadir dan mendukung penuh pesta rakyat ini tampak antusias warga menonton lomba begitu membludak sehingga terkesan menarik dan meriah sehingga membuat peetunjukan menjadi sangat riuh.

​”

Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian tradisi daerah dan sebagai hiburan masyarakat,” kata Iskandar.

Bahkan, lanjut dia, kegiatan ini akan digalakkan “Tradisi ini patut kita jaga sebagai adat budaya dan potensi pariwisata,” kata dia.​
(Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.