Yonif Para Raider 502 Kostrad Bantu Suplai Air Bersih

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk kebutuhan hidup sehari-hari, terutama pada musim kemarau seperti sekarang ini. Beberapa wilayah pun mengalami kekeringan dan krisis air bersih, termasuk yang di alami masyarakat di dusun Gunung Kunci dan Dusun Boro Oyot Desa Jabung, Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Sabtu (7/10).

Kedua Dusun yang dihuni sekitar 650 KK ini terletak di ketinggian, sehingga saat musim kemarau tiba, mereka selalu mengalami kesulitan air bersih. Ditambah lagi dengan pekerjaan sebagian besar penduduknya sebagai peternak dan buruh tani yang memerlukan lebih banyak air, selain untuk kebutuhan manusia juga digunakan untuk kebutuhan minum ternak yang terkenal sebagai penghasil susu sangat produktif.

Akan tetapi, minimnya air bersih bagi warga yang berada di kedua dusun ini mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Dengan kerja sama antara BPBD (Badan Penangulangan Bencana Daerah) dan Yonif Para Raider 502 Kostrad menyalurkan ribuan liter air bersih yang di ambilkan langsung dari tempat penampungan air di dalam satuan Yonif Para Raider 502 Kostrad untuk dibagikan  langsung ke masyarakat.

Komandan Yonif Para Raider 502 Kostrad, Letkol Inf Febi Triandoko mengatakan bahwa bantuan itu merupakan kewajiban dan wujud keprihatinan terhadap warga di wilayah sekitar desa binaan Satuan yang sedang mengalami kesulitan. Selain itu, kegiatan ini juga akan rutin dilakukan selama warga masyarakat masih membutuhkan bantuan air bersih.

Sementara itu, Kepala Dusun Gunung Kunci, Bapak Suwarno menuturkan bahwa dengan adanya bantuan air bersih ini dirinya merasa lega. Menurutnya, selama beberapa minggu ini, warga sekitar sering mengeluh karena air bersih  harus membeli itupun masih kurang layak untuk kebutuhan sehari-hari.

Disamping itu, Bapak Muslim salah satu warga setempat mengaku sangat senang dan  berterima kasih sekali atas bantuan air bersih yang diterimanya dan berharap bantuan ini diberikan secara rutin selama musim kemarau dan sumur-sumur masyarakat masih kerin. “Syukur Alhamdulillah, kita diberi bantuan air bersih dan warga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli air bersih”, ucapnya.

(Fram/JA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.