DIDUGA GUDANG KIMIA BERIZIN FIKTIF, LUPUT DARI PENGAWASAN

Spread the love

Jurnalline.com, Kabupaten Tangerang – Pabrik gudang kimia milik PT Insan Julang Jaya berlokasi kampung Kali Jaya desa Kampung Melayu Barat, Teluknaga Kab. Tangerang, berdiri dipemukiman padat selama 10 tahun diduga izin yang dimiliki fiktif.

Lemahnya pengawasan dilapangan oleh instansi desa setempat yang terkait, ini akan menjadi dampak lingkungan yang buruk mengingat bahan-bahan zat kimia tersebut yang mudah terbakar.

Pasalnya, gudang yang menampung kapasitas 100 ton bahan zat kimia setiap harinya, tidak sesuai fakta lokasi dilapangan. Yakni, salah satu dari keterangan surat SKDU tercantum luas bangunan hanya 20 x 5 meter persegi dan dari jumlah karyawan hanya 2 orang yang dipekerjakan Namun melihat kondisi dilapangan, dari luas bangunan melebihi keterangan di SKDU dan jumlah dari karyawanpun berjumlah 5 orang pekerja.

Adapun hasil yang diperoleh, berbagai kelengkapan persyaratan izin yang tidak bisa membuktikan kelengkapan persyaratan izin, diantaranya tidak memperhatikan aspek pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja, secara standarisasi peraturan perusahaan sesuai aturan yang berlaku.

sementara Karno kepala gudang kimia saat di konfirmasi jurnalline.com dirinya mengaku tidak mengantongi izin yang lengkap, karena sudah membayar iuran bulanan ke beberapa intansi setempat. “saya hanya memberikan pajak bulanan ke intansi disini,” Kata Karno dengan singkat

pemerintah dan instansi desa harus cepat menyikapi hal ini dan harus ada di desa setempat pengawasan dan penyidakan dilapangan terkait perusahaan yang melanggar aturan , penyalahgunaan tempat dan surat izin usaha tersebut. agar kejadian yang terjadi dikosambi waktu lalu tidak terjadi diwilayah lain khususnya di Kabupaten Tangerang.

 

(Aris/Abidin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.