Ini Solusi Pemkab OKI Atasi Banjir  Akibat Pembangunan Tol

Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG OKI (Sumsel) – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memanggil pelaksana pengerjaan proyek jalan tol Kayuagung-Palembang. Pemanggilan ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan warga korban Banjir di sekitar proyek jalan tol.

Rapat yang dihadiri pihak Waskita, PT PIM dan perwakilan masyarakat ini menyimpulkan akan menutup sementara aliran sungai Buntu diwilayah kelurahan Sukadana dengan tanggul untuk mengurangi debit air di sekitaran proyek tol tersebut.

“Aliran air masuk dari Sungai Komering melalui sungai buntu, kita kurangi debitnya yang masuk ke Sukadana dan Celikah. Setelah debit air berkurang kita lakukan pengeringan di wilayah yang terendam banjir. Itu jangka pendek” Ungkap Sekda OKI, H. Husin, S.Pd, MM saat memimpin rapat.

Untuk jangka panjang menurut Husin akan dilakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai terkait tata kelola manajemen air Sungai Komering.

“Kita ini berada di Delta dua sungai besar, Sungai Komering dan Sungai Ogan jadi mau tidak mau wilayah kita yang berada di dataran rendah ini akan terendam banjir jika hujan turun lebat. Menutup sementara aliran sungai komering bisa jadi solusi sementara mengatasi banjir di Sukadana ” Jelas Husin.

Banjir  yang menggenangi rumah warga di Kelurahan Sukada dan Desa Celikah tersebut diduga akibat penimbunan jalan tol membuat air menggenang tertahan timbunan tanah dan membanjiri rumah warga.

Penimbunan jalan tol itu menurut Kemal Al Kautsar Ketua RT 3 Purnajaya yang terendam banjir mengakibatkan naiknya debit air hingga menggenangi rumah warga.

“ini yang kedua kali di tahun ini. Sebelumnya pada April lalu rumah kami terkurung banjir. Kami minta solusi dari Pemerintah atau orang yang bisa  menyelesaikan masalah. Tidak seperti yang lalu kami dimanfaatkan oknum” tungkasnya di Kantor Bupati OKI, Senin, (27/11).

Kemal berharap tindakan konkrit dari pihak pelaksana tol untuk menghindarkan mereka dari bencana banjir.

Site Area Manager PT Prima Indojaya Mandiri (PIM), Hendra Oktavera selaku pelaksana pembangunan ruas tol pada STA 0 sampai dengan STA 200 mengatakan pihaknya sudah membangun sebanyak 13 block culvert sebagai penyeimbang air di sisi kanan dan kiri jalan tol dengan lebar 10 m dan muka 13 m

“kita sudah siapkan 13 pintu air namun sekarang masih dalam masa pengerjaan” tungkasnya.

Terkait banjir yang menggenangi rumah warga menurut Hendra sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk melaksanakan proyek tanpa mengganggu eksosistem yang ada baik dalam pelaksanaan maupun selesainya proyek ini nanti.

Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten OKI, Antonius Leonardo, M. Si kembali menegaskan gar pihak pelaksana proyek memberi solusi langsung terkait banjir yang masuk ke rumah warga.

“Jadi konkrit saja, apa yang bisa kita lakukan hari ini juga. Usai rapat kita langsung turun ke lapangan dan kalau langsung kerja” Jelasnya.

Usai melakukan rapat bersama warga, Sekda OKI dan rombongan meninjau langsung debit air di Sungai Buntu yang akan dibangunkan tanggul sementara dan mengecek lokasi penimbunan di STA 0-350 Desa Celika OKI. Di lokasi tersebut sudah terbentuk struktur jalan tol berupa timbunan tanah dengan lebar sekitar 40 meter serta mengecek sodetan selebar 10 m yang dibuat pelaksana jalan tol.

Setelahnya rombongan mendatangi warga korban banjir di Des Celikah dan Komplek Purnajaya Sukadana

(Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.