Perayaan Hari Raya Galungan Anggota Yonif Para Raider 501 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Galungan adalah hari suci umat Hindu di seluruh dunia yang diperingati setiap 210 hari sekali. Di hari raya Galungan ini, umat Hindu percaya bahwa arwah leluhur yang telah disucikan datang kembali ke rumah untuk memberikan berkat kepada keturunan-keturunannya, Hari Raya Galunggung yang jatuh pada hari ini tanggal 1 Nopember 2017 ini dirayakan oleh umat Hindu di dunia termasuk Umat Hindu Yonif Para Raider 501/BY Kostrad. memperingati hari kebesaran Agama hindu dengan melakukan ritual persembahyangan ke Pura.

Pada kegiatan ini perayaan Hari raya Galungan merupakan simbol kemenangan Dharma (Kebaikan) terhadap Adharma (Kejahatan), hal itu merupakan simbol bahwa tidak ada kejahatan di dunia ini yang dapat menang terhadap kebaikan dalam bentuk apapun.

Pada kesempataan ini umat Hindu Yonif Para Raider 501/BY Kostrad melaksanakan persembahyangan upacara Mewinten yang dilaksanakan di Pura Sangga Bhuana Lanud Iswahyudi Magetan yang di pimpin oleh Serka I Gusti Putu Bintara dan diikuti seluruh personil yang beragama Hindu. Serka I Gusti Putu Bintara juga sebagai yang dituakan umat Hindu Yonif Para Raider 501/BY Kostrad.

Disamping itu, Serka I Gusti Putu Bintara mengatakan bahwa perayaan Hari Raya Galungan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi umat Hindu  dengan masyarakat dan untuk  mempertebal keyakinan pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Serka I Gusti Putu Bintara sebagai salah satu Pemangku/Pendeta di Yonif Para Raider 501/BY Kostrad juga didaulat untuk memimpin  acara sakral ini di Pura Sangga Bhuana Lanud Iswahyudi. selama kegiatan ini berjalan dengan tertib, penuh hikmah dan lancar. “Acara seperti ini merupakan salah satu kegiatan Bintal (pembinaan mental) bagi seorang prajurit dan merupakan sarana Komsos (Komunikasi Sosial) bagi Satuan Yonif Para Raider 501/BY Kostrad.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.