PERTAMINA ASSET 2 EP BOR SUMUR KEDALAMAN  2700

Spread the love

Jurnalline.com, PRABUMULIH, (Sumsel) – Untuk meningkatkan produksi minyak nasional dan memenuhi cadangan minyak negara, Pertamina EP Asset II kembali melakukan pengeboran minyak di wilayah Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan. Kali ini sumur minyak yang diberi nama TLJ-39 INF akan di bor sedalam 2700 meter dengan kemiringan pipa 30 derajat.

Senior Eksploitasi Pertamina EP Asset II, Daja Juang mengatakan, pihaknya berharap pengeboran sumur minyak TLJ-39 INF ini berhasil dan berjalan lancar.

“Kegiatan ini untuk menjalankan misi pemerintah menjalankan kedaulatan energi. Agar produksi kita bertahan jangan sampai turun terus sehingga kita tidak mengimpor lagi,” katanya dihadapan warga Kelurahan Sukaraja saat sosialisasi dan selamatan pengeboran sumur minyak TLJ-39 INF, Selasa (19/12) pagi.

Juang didamping Assmen L&R Pertamina Asset II Gustav Akib serta Assmen Pertamina Field Prabumulih Sutyo menerangkan, tugas negara menjamin kesejahteran warga bangsa.

“Konsumsi minyak kita baru 5,6 persen yakni 800 ribu barel perhari, sisanya kita impor. Bisa dibayangkang uang negara yang dikeluarkan untuk minyak impor untuk memenuhi produksi minyak kita,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Juang, pihaknya selalu berusaha bagaimana mempertahankan produksi minyak. Supaya, katanya, usaha komersial pihaknya bertambah serta berupaya produksi naik, yakni dengan cara melakukan pengeboran untuk menambah cadangan.

“Itu pun tingkat resiko keberhasilan pengeboran perlu diperhitungkan matang. Sebab ada dua penyebab ketidakberhasilan yakni keberadaan minyak dan operasional yang tinggi,” terangnya.

Masih kata Juang, untuk berhasil dalam pengeboran minyak maka harus ada dukungan dari pemerintah. “Resiko itu sangat banyak dengan kedalaman 2700 meter ditempuh 12 hari padahal sebenarnya harusnya 5 hari tembus,” ungkapnya.

Sementara itu, Assiten III Pemkot Prabumulih, Ir H Apriadi mengatakan, daerah pengeboran TLJ-39 INF ini dekat dengan blowout. Untuk itu harus hati-hati untuk mengerjakannya. “Selain itu  bagi hasil minyak untuk kita ketahui banyak balik ke provinsi. Seharusnya PAD masuk ke Prabumulih. Tetapi ini ke provinsi,” ungkapnya seraya mengatakan pihaknya mendoakan agar kegiatan pengeboran TLJ-39 INF berhasil sehingga bisa meningkatkan produksi nasional.

Dalam sosialisasi dan selamatan pengeboran sumur minyak TLJ-39 INF, pihak Pertamina EP Asset II memberikan bantuan 1 kerbau untuk warga Sukaraja, 630 paket sembako, dan uang bagi anak yatim serta dan berbagai macam bantuan lainnya. Kegiatan itu dihadiri unsur Muspida Pemkot Prabumulih mulai dari Camat, Lurah, Danramil, Polres Prabumulih, serta warga sekitar lokasi pengeboran.

(Yetno) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.