Rangkaian Kegiatan Yonkav 8 Kostrad Peringati Hari Juang Kartika

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Satuan Yonkav 8 Kostrad merupakan satuan yang tidak melupakan jasa para pahlawannya. Oleh karena itu, dalam menyambut Hari Juang Kartika, Satuan Yonkav 8 Kostrad mengadakan beberapa kegiatan, meliputi Karya Bhakti di Taman Makam Pahlawan Bangil, donor darah, ziarah dan upacara peringatan Hari Juang Kartika. Jumat (15/12).

Karya Bhakti di Taman Makam Pahlawan Bangil dilakukan pada tanggal 13 Desember lalu, yang dipimpin oleh Lettu Kav Fery Unedon Simanjuntak. Pembersihan ini dititik beratkan pada sektor sekitar Taman Makam Pahlawan, hal ini tak lain dan tak bukan di laksanakan dalam rangka mewujudkan kepedulian satuan pada jeri payah pahlawan terdahulu.

Dalam kegiatan ini, Yonkav 8 Kostrad juga mengajak siswa sekolah setempat untuk turut serta membersihkan lingkungan sekitar, dengan harapan mereka pun ikut peduli akan jasa para pahlawannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan donor darah pada pukul 10.00 di kantor PMI Kabupaten Pasuruan, yang diikuti oleh beberapa prajurit yang di pimpin oleh Lettu Kav Satria Dharmanugraha. “Donor Darah merupakan tindakan yang terpuji karena sesuai semboyannya bahwa sekantung darah dapat menyelamatkan seseorang, kegiatan ini bertujuan sebagai aksi sosial satuan dalam memeriahkan HUT ke-72 TNI-AD”, terangnya.

Disamping itu, pada hari Kamis (14/12) pukul 07.00 WIB Satuan Yonkav 8 Kostrad juga melaksanakan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Bangil yang dipimpin oleh Komandan Kompi Rajawali, Kapten Kav Nurhaedi.

“Ziarah ini merupakan bentuk rasa kepedulian kita kepada para Pahlawan yang telah mendahului kita serta kita, jangan sampai lupa akan jasa mereka”, ucap Kapten Nurhaedi.

Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan satuan 2 kali dalam setahun sebagai penggugah rasa Nasionalisme prajurit di zaman modern sekarang. Ziarah ini juga melibatkan ibu-ibu Persit Yonkav 8 Kostrad.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan mengikuti Upacara Hari Juang Kartika ke-72. Upacara ini di selenggarakan secara terpusat di Markas Kodam V/Brawijaya pada hari Jumat (15/2). Upacara berjalan dengan baik dan khidmat, sehingga para prajurit dapat diingatkan tentang pesan-pesan Panglima Besar Jendral Soedirman, salah satunya adalah Tentara lahir dari rakyat dan harus selalu dekat dengan rakyat.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.