Satgas Yonif Raider 515 Kostrad Ikuti Upacara Peringatan Pengibaran Bendera Pertama di Maluku

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Maluku Yonif Raider 515 Kostrad ikut serta dalam upacara peringatan pengibaran Bendera Merah Putih pertama kali di Maluku, Rabu (27/12).

Bertempat di halaman Rumah Raja Negeri Hitumessing, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Asisten II Gubernur Prov. Maluku Halim Dafis dan Komandan upacara (Danup) Danki SSK 1 BKO Satgas Yonif Raider 515/UTY Kapten Inf Hadi Mukti.

Upacara peringatan penaikan Bendera Merah Putih pertama di Maluku ini dilaksanakan setiap tahunnya. Sebanyak 147 orang menjadi peserta pada upacara kali ini. Jumlah tersebut terdiri dari elemen masyarakat serta TNI dari seluruh angkatan.

Bagi masyarakat Maluku sudah tidak asing lagi dengan peristiwa bersejarah ini, hari pengibaran Bendera Merah Putih yang diperingati setiap tanggal 27 Desember merupakan momentum sejarah yang tidak mungkin dilupakan karena pada tanggal tersebut telah terjadi peristiwa heroik yang menyatukan berbagai elemen masyarakat Maluku untuk bertempur mengusir kaum penjajah.

Tepat 68 tahun sudah Bendera Merah Putih berkibar di tanah Maluku. Hari penaikan Bendera Merah Putih yang diperingati setiap tanggal 27 Desember tersebut merupakan momentum sejarah yang tidak mungkin dilupakan setiap anak bangsa di daerah ini.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Danrem 151/Binaiya Kol Inf Cristian Kurnianto Tuhuteru, Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta, Danramil Leihitu Kapten Inf Dede Ruhiyat, Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy, Wakapolsek Leihitu Ipda La Djamudin, Danpos Brimob Leihitu Aipda Oyang, Ketua Veteran yang diwakili oleh Bapak Edie Oentoro, Ruslan Hurasan Anggota  DPRD Malteng, Camat Leihitu Amin Sipaleuw, Jufri Wael Ketua Banser Maluku, Edwin Slamat Pejabat Raja Hitumessing, Abdullah Pellu Mantan Raja Hitumessing, Perwakilan dari OKP, para Veteran, peserta upacara gabungan dari TNI dan Polri.

(Fram/JA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.