Satjar Kostrad Sapu Bersih Piala Lomba Peleton Beranting Wilayah Kodam V/Brawijaya

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Tanggal 19 Desember 1948 merupakan bagian terpenting dalam tonggak sejarah Korps Infanteri. Pada saat itu, seluruh Angkatan Perang menerima perintah langsung dari Panglima Besar Jenderal Soedirman untuk menghadapi Agresi Militer Belanda ke II yang terjadi di Maguwo Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Tak hanya itu, sang Jenderal yang kala itu mengeluarkan perintah juga turut serta untuk ikut langsung sekaligus memimpin berjalannya perang dan pertempuran darat dengan berjalan kaki.

Alhasil, selama pertempuran jalur darat tersebut, Angkatan Perang Indonesia telah berhasil memukul mundur para militer Belanda dan Agresi Militer ke II pun berhasil digagalkan.

Saat ini, untuk memperingati peristiwa penting tersebut, seluruh Korps Infanteri di jajaran TNI AD, secara serentak melaksanakan kegiatan kejuaraan Peleton Beranting atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ton Ting.

Saat ini, untuk memperingati peristiwa penting tersebut, seluruh Korps Infanteri di jajaran TNI-AD, khususnya di wilayah Kodam V/Brawijaya, secara serentak mengikuti berlangsungnya kejuaraan Peleton Beranting atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ton Ting, yang berakhir di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (19/12/2017).

Peleton Beranting terbagi menjadi dua kategori, yaitu kelompok Peleton Inti terdiri dari satuan-satuan Infanteri dan kelompok Peleton Pengantar yang terdiri dari satuan-satuan Bantuan empur.

Di wilayah Jawa Timur terdapat 20 satuan mengikuti kegiatan lomba Peleton Beranting, terdiri dari 10 Satuan Infanteri dan 10 Satuan Bantuan Tempur

Alhasil, selama berlangsungnya Peleton Beranting di wilayah Kodam V/Brawijaya tersebut, dalam kategori Peleton Pengantar, berhasil dijuarai oleh Yon Armed 1/Kostrad, selanjutnya di peringkat ke dua dan ke tiga diduduki oleh Yonkav 8/Kostrad dan Yonkes 2/Kostrad.

Sedangkan untuk kategori Peleton Inti, di peringkat pertama, berhasil di duduki oleh Yonif Para Raider 502/Kostrad, selanjutnya juara dua dan tiga diduduki oleh Yonif Raider 509/Kostrad dan Yonif Para Raider 503/Kostrad.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.