Technical Assistance Meriam 155 MM/GS Caesar Oleh Tim Nexter di Yonarmed 12 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com,  Penkostrad – Meriam 155/GS Caesar merupakan salah satu Alutsista andalan TNI AD khususnya Artileri Medan, dimana Yonarmed 12 Kostrad adalah salah satu satuan Artileri Medan yang memiliki Alutsista baru tersebut. Bertempat di garasi meriam 155/GS Caesar, telah dilaksanakan kegiatan Technical Assistance Meriam 155 mm/GS Caesar oleh Tim Nexter selama 3 hari dimulai dari tanggal 28 November s.d 30 November 2017.

Adapun personel yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Mr. Sergey dari Nexter- Perancis dan Bapak Eko Prabowo dari PT. Lentera, yang didampingi oleh personel mekanik Yonarmed 12 Kostrad dipimpin oleh Lettu Arm Bayu.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengecekan materiil dan dokumen meriam 155/GS Caesar, mencatat data pontensial periodik pada seluruh Alutsista Caesar dan Komodo, pembaharuan data pada buku Log Zigma Caesar dan buku hasil penembakan meriam Caesar serta penyiapan 2 pucuk meriam Caesar dalam rangka persiapan uji munisi yang akan dilaksanakan di Lumajang.

Danyonarmed 12 Kostrad, Letnan Kolonel Arm Wahyu Jatmiko, S.Sos, M.M. menyampaikan, “Kegiatan Technical Assistance Meriam 155 mm/GS Caesar oleh Tim Nexter ini adalah kegiatan rutin setiap Triwulan, untuk pelaksanaan kali ini merupakan pengecekan akhir pada tahun 2017 serta sebagai pengecekan awal dalam rangka penyiapan latihan uji munisi.”

“Dengan Alutsista yang baru ini tentunya satuan memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk melaksanakan pembinaan kepada prajuritnya agar profesional dalam pengoperasian. Tidak kalah pentingnya juga dalam hal pemeliharaan serta perawatannya,” ujarnya

Kita memiliki beberapa personel yang sudah dikirim ke Perancis untuk belajar tentang meriam ini dan itu adalah upaya dan apresiasi dari pimpinan atas, sekarang kitalah sebagai satuan pengguna menjawab kepercayaan pimpinan untuk selalu berlatih dan belajar bukan saja untuk operasionalnya tetapi perawatan serta pemeliharaannya”, tambahnya.

Kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan kepada Yonarmed 12 Kostrad untuk mengawaki meriam 155/GS Caesar ini merupakan suatu kebanggan bagi satuan, Alutsista ini adalah senjata dengan daya tembak dahsyat 39 Km yang didukung dengan mobilitas tinggi.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.