10.000 Jama’ah lebih sambut kehadiran H.Herman Deru

Spread the love

Jurnalline.com, BELITANG (SUMSEL) – Bakal Calon Gubernur Sumsel, H. Herman Deru (HD) hadir untuk memenuhi undangan peringatan Haul Akbar 3 Ulama’ besar almarhum Syehk Abdul Qodir Jailani,KH Mujer Yusuf dan KH.Imam Maqsudi,bertempat di halaman Masjid Ponpes Al amin Kecamatan Belitang Madang Raya kemarin.

Tak kurang 10.000 jama’ah sambut kehadiran HD,bahkan sejumlah Kyai,ulama dan tokoh agama terkemuka pun turut hadir dan menyapa salah satu putra terbaik OKU Timur,seperti KH. M. Yasin, SHI, mudir Idaroh Wustho Jatman Provinsi Lampung, Bupati OKU Timut diwakili Kabag Kesra, Camat Belitang Madang Raya, Kapolsek  Madang Suku 1, puluhan kepala desa dan puluhan pengasuh Ponpes Se OKU Timur.

H.Herman Deru yang berpasangan dengan H. Mawardi Yahya ini menyampaikan betapa pentingnya menghormati dan mentaati para ulama. Bentuk penghormatan tersebut antara lain  adalah  menggelar haul untuk mengenang kebaikan-kebaikan para ulama dan mendoakan agar mereka diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Nasihat dan ilmu para alim ulama sangatlah diperlukan . Jika para ulama bersanding dengan para umaroh atau pemimpin, maka Insyaa Allah perjalanan sebuah bangsa atau daerah akan baik dan diridhoi Allah,’’ jelas HD.

Selain itu, peranan ulama’ dalam perjalanan bangsa Indonesia sangatlah penting. Dimana  bersama komponen bangsa yang lainnya, para ulama dan santri berjuang merebut kemerdekaan dari  bangsa penjajah. “Spirit yang diajarkan oleh para ulama kita harus tetap dijunjung tinggi dengan cara bekerja sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,’’ tegas Ketua PW Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Sumsel ini.

Dalam kesempatan itu, HD kembali menyampaikan salah satu program utamanya jika terpilih menjadi Gubernur Sumsel periode 2018 – 2023. Program tersebut antara lain membangun dan memperbanyak rumah tahfidz Alquran di seluruh Sumsel.

Program memperbanyak Rumah Tahfidz tersebut terinspirasi dari  silaturahmi dirinya ketika membesuk Imam Besar Masjid Agung Palembang, KH Kiagus Ahmad Nawawi Dencik Al Hafidz, di RSI Siti Khodijah Palembang, Senin (15/1).

Saat bertemu KH Nawawi Dencik tersebut, Herman Deru banyak mendapat saran dan arahan tentang bagaimana pentingnya membangun dan memperbanyak rumah tahfidz di Sumsel. “Alhamdulillah, saya banyak  mendapat masukan dari Almuqarom Kiyai Haji Nawawi Dencik Al Hafidz tentang betapa pentingnya membangun dan memperbayak rumah tahfidz di Sumsel.  Saya sangat terinspirasi dan sangat mendukung saran beliau. Jika diberi amanah oleh masyarakat Sumsel untuk menjadi gubernur,  Insyaa Allah program memperbanyak rumah tahfidz di Sumsel akan kami laksanakan,’’ jelas HD.

Menurut Deru,  informasi yang diterimanya, sejak berdirinya rumah tahfidz tahun 2004 lalu, sampai saat ini baru ada sekitar 300-an rumah tahfidz dari sekitar 6000-an mesjid se Sumsel.  Kondisi ini sangat jauh dari ideal, dimana semestinya 1 masjid ada 1 rumah tahfidz.

(Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.