SBY DAN MENAG HADIRI SARASEHAN DAN MILAD KE-50 PONPES DAAR EL-QOLAM

Spread the love

Jurnalline.com, Kab. Tangerang – Pondok Pesantren Daar El Qolam Gintung Tangerang menggelar Rapat Kerja dan Sarasehan Internasional Kiai serta Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Alumni Daar El Qolam di Desa pangkat, Kec. Jayanti, Kab. Tangerang Banten, Sabtu, (20/1/2018).

Acara bertajuk “Menjaga Amanah, Merawat Tradisi, Merespon Modernisasi” dimulai dengan Apel 50 tahun Ponpes Daar El Qolam yang dihadiri 1.500 santri dan 1.200 kiai pimpinan ponpes se-Indonesia. Turut hadir juga
Mantan Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri sarasehan internasional Kiai dan pimpinan Pondok Pesantren Alumni Daarussalam Gontor dan Daar El-Qolam Gintung.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pun turut datang dan
beberapa tokoh nasional lain pun akan turut menghadiri acara Milad ke-50 Pondok Pesantren Daar El-Qolam ini. Tokoh-tokoh tersebut, diantaranya Menteri Agama Lukman Hakim, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fahir, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Jenderal TNI Gatot Nurmantio, Ketua Dewan Pembina MUI KH. Din syamsudin dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Kyai Zulkifli Muhadli selaku Ketua Forum Pesantren Alumni Gontor (FPA) mengatakan, bahwa acara Milad 50 Tahun Pesantren Daar El Qolam banyak dihadiri Tokoh Nasional salah satunya Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Alhamdulillah acara Sarasehan dihadiri oleh Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin dan beberapa tokoh nasional lainnya. Dan para Kyai juga banyak yang hadir ,” kata Kyai Zulkifli Muhadli di Daar El Qolam.

Lebehi lanjut, KH. Zulkifli Muhadli menjelaskan, Peringatan setengah abad digelar sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang mempercayai Daar el-Qolam sebagai tempat menggali ilmu pengetahuan.

” Daar el-Qolam berdiri pada tanggal 20 Januari 1968, didirikan oleh Kyai Ahmad Rifa’i Arief. ” Jelasnya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim dalam sambutannya, menuturkan, dirinya tak mudah berbicara karena saat ini berhadapan dengan para guru agama dan habib dalam acara tersebut. Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada SBY karena bisa hadir dalam acara tersebut.

“Ini sebuah forum yang luar biasa karena saya rasa ini forum terbesar, yang terdiri dari lebih dari 400 Ponpes di dalamnya. Mudah-mudahan pertemuan ini diberkati,” tutur Lukman.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan, Di era globalisasi karang ini mengharapkan para alumni Gontor mampu menjadi elemen perekat bagi umat dengan mengadukasi pemahaman dan nilai-nilai keindonesiaan.

” Tantangan kita ke depan karena hidup di era globalisasi maka bagaimana lembaga pendidikan Islam lebih mampu memberikan kontribusi dan memperluas wawasan pengetahuan umat,” pungkasnya.

Pondok Pesantren Daar El-Qolam terbesar di Provinsi Banten kini dihuni lebih dari 5.500 santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

(Aris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.