Cegah banjir, Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Bersama Masyarakat Kerja Bakti Membersihkan Sungai

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Anggota Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro bersama masyarakat melaksanakan pembersihan bantaran kanan kiri sungai Dudan Dusun Kesongo, Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. (Rabu, 31/01/2017)

Melihat kondisi sungai yang sangat memperihatinkan masyarakat sekitar yang diwakili Kepala Desa Tegalmade bapak Wawan Rubiyanto berinisiatif untuk melakukan kerjabakti bersama masyarakat dengan merangkul TNI yaitu dari Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, Koramil 10/Mojolaban dan DPU Sukoharjo.

Kegiatan pembersihan sungai ini bertujuan untuk mempererat hubungan kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro dengan masyarakat Desa Tegalmade. Kegiatan pembersihan sungai dipusatkan pembersihan sampah dan pohon kanan kiri sungai, dikarenakan banyak pohon bambu yang tumbang ke sungai sehingga mengganggu kelancaran aliran sungai.  Apabila tumpukan pohon bambu dan sampah dibiarkan maka musim hujan tahun ini akan mengakibatkan banjir dan meluap ke kampung sekitar.

Menurut masyarakat sekitar pembersihan sungai Dudan sangat diperlukan, mengingat tahun yang lalu kampung sekitar sungai mengalami banjir setinggi lutut orang dewasa, sehingga menggenangi perkampungan dan persawahan sekitarnya, bahkan tahun lalu tanaman padi banyak yang gagal panen.

Masyarakat terlihat sangat antusias melaksanakan kegiatan kerjabakti serta mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran anggota Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro yang telah membantu pembersihan sungai Dudan dan diharapkan aliran sungai Dudan bisa lancar sehingga tahun ini apabila curah hujan tinggi maka tidak lagi terjadi banjir.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.