Perpustakaan Daerah OKI gencar Tingkatkan Minat Baca

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Daya minat pengunjung perpustakaan Di Kayuagung  saat ini mulai menurun. namun Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Ogan Kemering Ilir(OKI),terus gencar berupaya untuk menarik minat para pengunjung untuk mengunjungi Perpustakaan daerah Kayuagung dan terus mengembangkan minat membudayakan membaca.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah OKI H Iskandar ZA melalui Staf perpustakaan Meri Susanti saat ditemui Jurnalline.com di ruang kerjanya,Selasa(06/03). Mengatakan, untuk pengunjung perpustakan perhari sebanyak 20 sampai 40 orang pengunjung sehari,hal ini disebabkan lokasi gedung perpustakaan yang baru jauh dari jangkauan jika dibanding dari lokasi sebelumnya.

“Pengunjung yang tetap sering kali mampir kesini,ya hanya untuk sekedar membaca atau langsung dipinjam untuk dibawa pulang. Namun,kami terus berupaya untuk menarik minat para pembaca baik dari anak – anak,pelajar dan mahasiswa.

Lanjutnya,untuk lebih meningkatkan minat membaca pihaknya pada bulan Maret ini akan menggelar ajang perlombaan antar pelajar jenjang SD,SMP,SMA dan mahasiswa. dengan kategori baca puisi,mengarang dan pidato bahasa indonesia.

“Kami akan menggelar rutinitas tahunan dan pada tahun ini kami akan gelar pada Bulan Maret ini,hal ini sengaja kita gelar untuk menarik minat pelajar agar lebih giat mengembangkan budaya membaca dengan mengunjungi perpustaan daerah kayuagung,” ungkapnya.

Masih kata Meri,sejauh ini jumlah buku yang terdaftar di Perpustakaan Daerah Kayuagung sudah sebanyak 36 ribu buku,dari jenis umum,fiksi dan ilmu agama.

“200 Eks buku Agama,300 Eks ilmu sosial,500 pengetahuan murni,600 teknologi ilmu terapan,dan 400 Eks bahasa,”Jelasnya.

Doni Afrian pengunjung perpustakaan daerah OKI mengaku ia adalah salah satu pengunjung tetap dari perpustakaan daerah tersebut dan kerap meminjam buku untuk dibawa kerumah atau langsung membaca ditempat.

“Ya walaupun tempatnya agak jauh tp minat saya untuk membaca tidak terhenti,saya sering mengunjungi perpustakaan ini jika ada waktu luang,tidak hanya sekedar membaca di tempat kerap kali saya  meminjam buku untuk dibawa pulang untuk memperluas wawasan juga,”Ujarnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.