Tanjung Laut Siap Ikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Spread the love

Jurnalline.com, Suak Tapeh, Banyuasin (Sumsel) – Pemerintahan Desa Tanjung Laut, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Per-tanggal 27 Maret 2018 mendatang siap mengikuti Lomba Desa tingkat kabupaten yang bertujuan membina seluruh perangkat desa agar lebih paham administrasi di desa dan menanamkan rasa kekompakan bersama masyarakat dalam meningkatkan pembangunan desa.

Kepala Desa Tanjung Laut Samsul Bahri mengatakan berdasarkan peraturan Pemerintah Daerah, Lomba Desa yang di gelar bertujuan untuk mengasa serta meningkatkan kemampuan perangkat desa dan masyarakat agar paham dengan kegiatan tersebut mempungsikan sistem administrasi desa yang selama ini jarang digunakan.

“Lomba Desa ini merupakan langkah awal bagi kami sebagai pemerintah desa, bersama perangkat desa dan dukungan dari masyarakat desa, kami yakin dengan sistem administrasi desa yang mulai diterapkan, mudah-mudahan kami semua lebih paham dalam mempersiapkan berbagai kegiatan dari Lomba Desa ini,” ucap Samsul Bahri saat dijumpau wartawan media ini.

Desa Tanjung Laut mengikuti lomba mewakili Kecamatan Suak Tapeh merupakan suatu kebanggan bagi masyarakat desa, untuk ikut perlombaan ini desa harus melalui tahapan seleksi, mulai dari kebersihan lingkungan, mengutamakan Hidup Bersih dan Sehat, meningkatkan kesadaran masyarakat desa untuk selalu rukun, dan paham terhadap letak wilayah yang dijadikan sebagai tempat kehidupan.

“Majunya Desa kami mengikuti Lomba Desa tingkat kabupaten sejak terhitung tanggal 28 Februari 2018. Desa kami mendapatan Surat Keputusan dari Camat Suak Tapeh, sebagai juara pertama lomba tingkat Kecamata untuk ikut pertandingan tingkat Kabupaten Banyuasin,” ujar Samsul Bahri Kades Tanjung Laut.

Sementara itu, Camat Suak Tapeh Haris Bahari melalui Kasi Pemerintah Masyarakat Desa Kecamatan Suak Tapeh Heri Yanto mengatakan, untuk mengikuti lomba ini berbagai macam proses telah dilalui pemerintah desa bahkan lebih kurang 10 Desa yang mewakili 10 Kecamatan di Kabupaten Banyuasin mengikuti Lomba Desa, yang penilaianya dilakukan Tim Pemerintahan Kabupaten, dari berbagai instansi terkait seperti Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Kabupaten Banyuasin, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Olah Ragadan dan Pariwisata, Badan Pelayanan Keluarga Barancara, dan Penggerak Tim PKK Kabupaten Banyuasin.

“Kami yakin mewakili Kecamatan Suak Tapeh, Desa Tanjung Laut memiliki peluang besar kesempatan untuk menjadi juara ditingkat Kabupaten Banyuasin. Yang akan dilakukan pada pekan depan. Sepuluh Desa yang mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten antaranya Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III. Desa Bentayan Kacamatan Tungkal Ilir. Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh. Desa Tajamulya Kecamatan Betung. Lalang Sembawa Kecamatan Sembawa. Desa Tanjung Menang Kecamatan Rantau Bayur. Desa Pangkalan Glebak Kecamatan Rambutan. Desa Tirtosari Kecamatan Pulau Rimau. Desa Daya Murni Kecamatan Muara Sugihan. Desa Sungai Rengit Kecamatan Talang Kelapa,” Pungkas Heri Yanto saat diruang kerjanya.

(Martin) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.