MENPAN-RB, Asman Abnur dan KEMENKUMHAM Yasona Laoly, Resmikan MPP Tomohon

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly SH, Phd, bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Dr H Asman Abnur SH, MSi dalam kunjungan kerja ke Sulawesi Utara melakukan berbagai kegiatan dalam lawatannya.

Terpantau pada Sabtu (21/4/2018) pagi tadi Rombongan dari Kementrian Hukum dan HAM, dan MENPANRB melakukan peresmian, serta melaunching Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE,Ak, dalam laporannya mengungkapkan, dimana MPP melayani berbagai pelayanan yang terintegrasi dalam berbagai layanan instansi teknis termasuk keimigrasian, samsat, kepolisian, BUMN, BUMD dan perijinan lain, dengan total pelayanan berjumlah 233 layanan dalam MPP ungkap Walikota JFE, dalam sistem MPP langsung terkoneksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ikut memberikan bimbingan dalam konteks pelayanan.

Sementara itu Menteri PANRB Asman Abnur secara tegas mengatakan,”Seluruh ASN dalam kaitan memberikan pelayanan wajib berikan pelayanan yang gampang serta mempermudah, tidak jamannya lagi mempersulit pelayanan bagi investor, pengusaha dan masyarakat”, kata Menpan.

Lanjut dikatakan kepada kepala SKPD agar tidak lagi memperlambat proses administrasi seperti tanda tangan, karena itu diminta kepada Walikota kalau ada Kepala SKPD memperlambat langsung di evaluasi”, ketusnya.

Dengan harapan kata Abnur, “Mudah-mudahan Kota Tomohon bisa menjadi kota studi tiru, menjadi kota model bagi daerah lain dalam hal Mal Pelayanan Publik”, ujar Menpan.

Disisi lain Menteri Yasonna Laoly mengatakan,”Penting pelayan yang mempermudah masyarakat, tidak lagi memperlambat”, tegas Laoly.

Karenanya lewat MPP di Tomohon,” Budaya birokrasi yang lambat ditinggalkan, berikan pelayanan prima, pelayanan cepat bagi masyarakat lewat mal pelayanan publik”, kata Menteri.

“Stop birokrasi berbelit di Mall Pelayanan Publik, apalagi baik Kemenkumham dan Menpan RB terus memantau hal pelayanan ini”, ketus Kemenkumham.

Dalam kunjungan kerja kedua Menteri tersebut di Tomohon turut didampingi sejumlah pejabat esalon 1 (satu) kementerian seperti Sekretaris Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji, Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Menpan RB Diah Natalisa dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Kementerian Menpan RB Indra Gobel.

Selain rombongan dari Kementerian juga hadir dalam pengresmian Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Pangdam XIII Merdeka Mayjend TNI Madsuni, Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Pondang Tambunan SH MH, Ketua DPRD Ir Miky J.L.Wenur, Wakil Walikota Tomohon Kapolres, Dandim Minahasa, Kajari, Ketua PN Tondano, Sekot Ir Harold Lolowang dan segenap jajaran lingkup Pemkot Tomohon.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.