Peresmian Kodim 0430 Banyuasin

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Peresmian Kantor Komando Distrik Militer (KODIM) 0430 Banyuasin oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya. Dan juga selaku inspektur upacara Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos, yang dilanjutkan dengan pembunyian sirine sebagai tanda diresmikannya penggunaan gedung, Senin (09/04/18).

Turut menghadiri acara peresmian tersebut, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI A.M. Putranto, S.Sos, Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Drs. Bimo Anggoro Seno, MH, Kol. Inf. Iman Budiman, SE, Dandim 0401 Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Markus Pinem, S.Ik, Kakankemenag Banyuasin H. Abadil, S.Ag, M.Si, Sekda Banyuasin Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, para Asisten, Para Kepala OPD Banyuasin, tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya berharap bahwa dengan pembentukan Kodim yang baru ini dapat mendukung efektivitas keamanan dan mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Selaku Pangdam II Sriwijaya dan mewakili KSAD, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banyuasin dan jajaran Legislatif Banyuasin, Tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Kebutuhan ini sudah lama diminta oleh Forkopimda, disadari bahwa Kodim 0401 Muba Banyuasin tidak dapat bekerja maksimal dalam membawahi Kabupaten Muba dan Banyuasin yang sangat luas. Berdasarkan pertimbangan itu maka perlu dikembangkan lagi menjadi 0430 Banyuasin” Ujar Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI A.M. Putranto, S.Sos.

Pangdam juga menambahkan, bahwa menurutnya TNI-AD memandang bahwa eksistensi komando kewilayahan masih sangat relevan dan dibutuhkan sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas TNI-AD yang menjalankan keamanan wilayah di pertahanan darat. Misi yang diemban oleh Kodim adalah bersama-sama pemerintah daerah melaksanakan pembangunan nasional di semua aspek kehidupan. Kodim menjadi mitra tugas bersama Polri dan Pemerintah Daerah.

“Saya berharap dengan sinergitas akan mewujudkan daya tangkal yang tangguh guna mendeteksi, mencegah dan menanggulangi secara dini terhadap setiap gejala dan indikasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan negara,” Harapnya.

Pangdam juga menyampaikan bahwa keberadaan Kodim 0430 Banyuasin harus segera diikuti dengan pembangunan sinergitas dengan kepolisian, aparat pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Banyuasin. Sehingga secara dini setiap gejala dan indikasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dapat segera diantisipasi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM, mengapresiasi rasa terima kasih atas diresmikannya Kodim 0430 Banyuasin. Forkopimda Kabupaten Banyuasin sudah hampir lengkap, tinggal menunggu satu lagi yaitu Pengadilan Negeri Banyuasin.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Banyuasin juga berharap dengan adanya Kodim dapat bersinergi dengan Pemkab Banyuasin dalam melakukan kegiatan. Utamanya dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta mensukseskan perhelatan akbar Asian Games ke-18. Juga pada persoalan peningkatan produksi beras, bekerja sama dengan TNI mudah-mudahan surplus beras di Banyuasin akan semakin bertambah.

Usai melakukan peresmian gedung Kodim 0430 Banyuasin, Pangdam II Sriwijaya didampingi Bupati Banyuasin dan Waka Polda Sumsel melakukan penanaman pohon di halaman kantor Kodim. Setelah selesai penanaman pohon tersebut, dilanjutkan dengan melakukan pemotongan pita. Pada kesempatan itu, Bupati Banyuasin menyerahkan bantuan hibah berupa 1(satu) unit kendaraan kepada Pangdam II Sriwijaya.

(Hasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.