Wujud Nyata Kodim 0402/OKI Kurangi Angka Pengentasan Buta Huruf Al-Qur’an

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Dalam pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 101 tahun 2018  yang dilaksanakan di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Prajurit-Prajurit Kodim 0402/OKI benar-benar memanfaatkan waktu yang hanya lebih kurang satu bulan ini untuk meningkatkan aspek kehidupan warga Desa Sungai Ceper.

Sasaran program pelaksanaan kegiatan TMMD ke 101 yang digelar satuan wilayah Kodim 0402/OKI, ternyata bukan hanya pembukaan badan jalan sepanjang 10 KM yang menghubungkan Sungai Ceper laut dan Sungai Ceper Darat serta melanjutkan pembangunan masjid yang 25 tahun yang belum rampung saja, akan tetapi selain itu Kegiatan TMMD ke-101 juga di fokuskan pada kegiatan Non fisik, sebelumnya, personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) telah memberikan wawasan kebangsaan, pengobatan gratis, sunatan massal, penyuluhan hukum, kamtibmas, serta penyuluhan bahaya narkoba yang disambut antusias warga Sungai Ceper.

Selain itu,  sebagai wujud nyata TMMD Ke 101 Kodim 0402/OKI untuk mengentaskan Baca Huruf Al- Qur’an, para personel TNI juga menggelar kegiatan keagamaan untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan warga Sungai Ceper, salah satunya dengan mengajarkan anak anak dan para remaja membaca Al- Qur’an. kegiatan belajar mengaji dilaksanakan setiap sore selepas sholat Ashar di Mushola Nurul Iman, Minggu (08/04), dengan tujuan agar kaum muda Sungai Ceper dapat mendalami ilmu agama dengan baik, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya Ilmu agama yang selama ini masih kurang.

Dengan antusiasnya anak-anak dan remaja Sungai Ceper mengikuti pengajian tersebut, diharapkan kegiatan belajar mengaji tersebut akan terus berlanjut ke depannya tidak hanya pada pelaksaan TMMD yang digelar di desa itu saja, serta diharapkan dapat mengentaskan Buta Huruf Al-Qur’an di desa terpencil itu dan memastikan jumlah buta aksara ini makin berkurang di kalangan anak- anak dan remaja.

Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar S.sos melalui Danramil Kota Kayuagung Kapten RM Hatta Bisma mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang dari hari ke hari sungguh sangat dirasakan manfaatnya bagi warga sekitar.

Hal ini dilihat dari antusias warga desa yang mengikuti dan mendukung seluruh program yang diselenggarakan oleh para prajurit TNI dari Kodim 0402/OKI. Salah satu program yang digelar oleh para prajurit TNI yang tergabung dalam kegiatan TMMD adalah mengajar baca tulis Al-Qur’an.

”Walaupun dengan sisa waktu yang kurang lebih satu bulan lagi, para prajurit tetap bersemangat untuk bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat Desa Sungai Ceper, dan ini menjadi bukti bahwa prajurit TNI siap dalam membangun kembali sikap dan mental masyarakat Desa Sungai Ceper serta merubah paradigma dan image Desa Sungai Ceper sebagai desa “Senpira”, insha Allah dengan hadirnya kami disini dapat memberikan perubahan yang signifikan terhadap warga Desa Sungai Ceper,” ungkapnya.

Salah satu pengajar ngaji, Serda Jinaidi mengatakan, dengan  mengajarkan baca tulis Al-Qur’an kepada anak anak dan remaja diharapkan mereka terlepas dari buta aksara Al-Qur’an dan dapat menjadi modal dasar mereka dalam mengarungi kehidupan kedepan yang semakin terbuka terhadap semua hal.

“Dan yang terutama kita sebagai sesama muslim wajib saling mengingatkan, memperkenalkan dan mengajari baca Al-Qur’an walapun hanya satu ayat dan semoga menjadi amal ibadah dihadapan Allah SWT,” ujarnya.

Tambahnya, dengan memiliki iman dan taqwa yang ditanamkan sedari kecil ini merupakan benteng bagi mereka, sehingga diharapkan adap Al-Qur’an dapat dibawa dalam pergaulan sehari hari.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.