Dua Hafidz Berkualitas Ponpes Darul Muchlisin Umroh

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Temu kangen sekaligus silaturahmi Alumni 81 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang di Pondok Pesantren Tauhidil Muchlisin Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (01/05/2018).

Momentum temu kangen tersebut, terdapat makna refreshing, ada flash back masa lalu, timbulnya kembali rasa kekeluargaan, terjalin dan bertambah eratnya tali silaturahmi, dan timbul pula rasa kebahagiaan tersendiri yang terlihat pada raut wajah para alumni  Fakultas Hukum Angkatan 81 Unsri tersebut.

Selain itu juga, suasana kekeluargaan yang tercipta oleh para alumni dan santri pondok pesantren yang berbaur dengan sejumlah masyarakat disekitar lingkungan pondok Pesantren Tauhidil Muchlisin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Para alumni Angkatan 81 FH Unsri juga memberikan bantuan Sembako, melakukan penanaman bibit pohon kurma dan penebaran bibit ikan mas di kolam untuk dibudidayakan Ponpes Darul Muchlisin pimpinan KH Abah Yuristian Al Palimbani yang dikenal sebagai pondok pesantren dengan mencetak puluhan alumni santriwan/santriwati penghapal al Qur’an dan generasi muda yang berjiwa islami.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Muchlisin KH Abah Al Yuristian Al Palimbani AHM SH mengungkapkan, terimakasih atas kepedulian dari para Alumni angkatan 81 Universitas Sriwijaya Palembang yang telah memberikan bantuan kepada pondok pesantren yang dipimpinnya.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya serta kami sangat mengapresiasi kedatangan teman – teman alumni angkatan 81 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya palembang dan kami berharap dengan bantuan yang di berikan dapat memberikan semangat bagi ponpes serta para santrinya,” tuturnya.

Lanjutnya, Ponpes Darul Muchlisin juga melepas dua santri penghapal Al Qur’an yang besok akan diumrohkan oleh Alumni FH Angkatan 81 Unsri ” besok kami akan melepas dua anak santri kami, yakni Fattah Al afif yang khatam al Qur’an menghapal 30 juz selama 6 tahun dan Candra yang khatam Al Quran menghapal 30 juz selama 1 tahun, yang akan diumrohkan oleh Haji Bambang Harianto salah alumni Fakultas Hukum angkatan 81,” katanya.

Haji Bambang Harianto SH MH perwakilan FH Unsri angkatan 81 saat memberikan sambutan mengatakan, sangat bahagia bisa bersilaturahmi dengan para santri dan dapat bertemu kembali dengan para alumni angkatan 81.

“Kami berharap apa yang kami serahkan, semoga dapat menambah motivasi para santri dan santriwati lain pondok pesantren ini untuk dapat terus menghafal Al Quran dan menjadi generasi penghapal Al Quran yang berjiwa Islami ke depan” tutur seorang pengacara kondang ini.

Siapa yg tidak tahan berlajar, bersiap menerima kebodohan, karna smua memili peluang yang sama,” seraya mengucap semoga santri dan santriwati dapat terus berkembang menjadi generasi penghafal Al Qur’an yang kelak berguna untuk bangsa negara dalam profesi apapun.

Kegiatan ini juga, sekaligus memperingati malam nisfu Sa’ban menyambut bulan suci ramadhan yang sebentar lagi tiba.

KH A Maslu Arrobi NB dalam ceramahnya menjelaskan keutamaan bulan Sya’ban, bulan di dalamnya terdapat satu malam yang pada malam itu Allah akan mengampuni dosa semua umatnya, yaitu malam nisfu Sya`ban.

Tahun 1439 Hijriah ini, malam pertengahan bulan Sya’banatau Nisfu Sya’ban (15 Sya’ban) jatuh pada Senin (30/4/2018) malamatau malam Selasa. Setelah itu, Ustaz KH A Maslu Arrobi juga menjelaskan tentang puasa.

KH A Maslu Arrobi memaparkan dengan mencontohkan kebiasaan Rosulullah.

Menurutnya, saking seringnya Rasulullah berpuasa pada bulan Sya’ban, Aisya tak bisa lagi membedakan apakah Rasulullah berpuasa pada hari itu atau tidak.

“Sayatidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa dalam satu bulan, kecuali bulan Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat Nabi lebih banyak puasa dari Ramadhan selain di bulan Sya’ban,” kata KH A Maslu Arrobi menerjemahkan hadis yang dibacanya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.