Jelang Ramadhan, Ribuan Santri TPQ Dan Majelis Ta’lim Se Oba Utara Padati Pawai Ta’aruf

Spread the love

Jurnaline.com, Maluku Utara – Panitia Hari Besar Islam (HBI) Kecamatan Oba Utara menyelenggarakan Pawai Ta’aruf jelang bulan suci Ramadhan, diikuti oleh 1000 lebih peserta yang terdiri dari TPQ, Majelis Ta’lim, dan Remaja Masjid (Remas) Se Oba Utara.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Jubair Muhammad menjelaskan, pawai yang dilakukan tersebut untuk menyambut bulan penuh berkah ini, sekaligus sebagai kegiatan menyiarkan Islam.” Ini dilakukan dalam rangka siar Islam dan persiapan-persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.” Kata Jubair saat ditemui di desa Kusu, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Minggu (13/5/2018).

Dari pantauan reporter Jurnalline.com, masyarakat kecamatan Oba Utara khususnya umat Islam begitu antusias dalam menyambut bulan Ramadhan. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah kendaraan dan jumlah peserta dalam pawai tersebut.

Diterangkan, selain pawai ada rangkaian kegiatan lain yang telah disiapkan oleh panitia HBI Oba Utara.”Ada juga Tablig Akbar, Tausiyah, yang disampaikan oleh Ustad Usman Muhammad dan Dr. Jubair Situmorang” Ujarnya

Jubair berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan sesama umat Islam maupun antar agama untuk membangun Ibu Kota Provinsi Maluku Utara.”Dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahn tercipta suasana keislaman kebersamaan antara sesama umat Islam dan sesama umat yang lain, untuk bersama dalam membangun kota Sofifi yang kita cintai” Ujar Kepala KUA Oba Utara ini.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah kecamatan yang bekerja sama dengan KUA Oba Utara itu mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara.

Hal itu disampaikan Hasbullah Tahir yang mewakili Kakanwil Kemenag Maluku Utara kepada reporter Jurnalline.com. Menurut Hasbullah, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan itu memiliki makna yang mendalam menjelang hari besar Umat Islam.

“Kami menyambut baik, paling tidak ada beberapa makna, yang pertama mengingatkan kepada umat Islam, khususnya yang berada di kecamatan Oba Utara. Bahwa, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Kedua, bergembira menyambut bulan suci ramadhan, yang diimplementasikan dalam bentuk Puasa satu bulan penuh kemudian diikuti dengan amalan yang lain.” Kata Hasbullah sebelum melepas peserta pawai

Kemudian, lanjut Hasbullah, pawai itu juga memiliki nilai edukasi kepada umat untuk meningkatkan pemahaman dalam menjalankan kewajiban khususnya di bulan puasa.”Dalam pawai ini saya lihat ada tablig akbar, ini juga penting memberikan pemgetahuan dan pemahaman kepada umat Islam yang akan melaksanakan ibadah puasa ini, supaya dia betul-betul menjalankan ibadah puasa ini sesuai ketentuan syariah” Ucap Hasbullah

Turut hadir dalam pawai tersebut, perwakilan Kanwil Kemenag Agama Maluku Utara, Pemerintah Kecamatan Oba Utara,Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Ketua MUI, Danramil, dan Kapolsek Oba Utara.

(WMY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.