PANGDAM XIII/MDK MADSUNI PIMPIN SERTIJAB DENGAN TRADISI KORPS PERWIRA

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Bertempat di Ghradika “Jaya Sakti” Kodam XIII/MMdk selasa (8/5) dilaksanakan sertijab Irdam,LOAL,Dandenintel, dalam Sambutannya mengatakan upacara Penyerahan Jabatan Irdam, Perwira LO TNI AL, Sertijab Danden-inteldam serta Tradisi Korps Perwira Kodam XIII/Merdeka.

Sebagaimana lazimnya organisasi yang dinamis, Angkatan Darat juga terus melaksanakan pergantian formasi jabatan dalam rangka pembinaan personel dan pembinaan satuan.

“Penyerahan jabatan dan serah terima jabatan kali ini pun juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan tugas dan dinamika organisasi TNI AD, khususnya di lingkungan Kodam XIII/Merdeka, yang dimaksudkan untuk memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan Kodam XIII/ Merdeka, antara lain dengan mengisi kekosongan jabatan Irdam karena pejabat lama telah pindah satuan, sekaligus untuk membangun suasana yang baru dan semangat penyegaran serta kreativitas pemikiran guna menjaga keefektifan pelaksanaan tugas serta regenerasi pejabat teras Kodam XIII/Merdeka.” Ungkap Pangdam Madsuni

Tradisi Korps Perwira Kodam XIII/Merdeka pada hakikatnya merupakan wujud ketulusan hati kita untuk menerima dan melepas pejabat di lingkungan Kodam XIII/Merdeka serta ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat yang telah diberikan kepada rekan-rekan Perwira kita semua berupa promosi jabatan yang baru di lingkungan TNI AD ditujukan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga sebagai Prajurit Kodam XIII/Merdeka yang disimbolkan dengan mencium Pataka “Jaya Sakti”, di mana sesanti “Jaya Sakti” yang mengandung arti bahwa setiap Prajurit Kodam XIII/Merdeka memiliki sifat kesatria, prajurit yang lahir dari rakyat dan digembleng untuk selalu bertindak adil, bijaksana, melindungi rakyat dan keselamatan NKRI, serta senantiasa berpegang teguh pada jiwa Sapta Marga.

Pada pelaksanaan Sertijab ini, diketahui Kolonel Inf Setio Budi Raharjo sebagai Irdam XIII/Merdeka, memiliki tugas dan tanggung jawab menyeleng-garakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan bidang umum dan perben-daharaan guna tertibnya administrasi satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Selain itu, Irdam juga bertugas memberikan bahan untuk menyusun rencana dan program serta memberikan saran atau pertimbangan kepada Pangdam/Kasdam tentang pendaya-gunaan sumber daya yang ada, pejabat Irdam yang baru dituntut mampu memahami dan melaksanakan fungsinya secara maksimal, sehingga fungsi Wasrik yang selama ini telah berjalan dengan baik, dapat lebih ditingkatkan guna mewujudkan konsistensi dan optimalisasi pelaksanaan program satuan di jajaran Kodam XIII/Merdeka serta membantu Komando Atas mewu-judkan Laporan Keuangan WTP.

Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom sebagai Perwira LO TNI AL di Kodam XIII/Merdeka, mempunyai tugas dan tanggung jawab mengkomunikasikan dan menyelenggarakan serta meng-koordinasikan kegiatan Kodam XIIl/ Merdeka dengan Komandan Satuan jajaran TNI AL yang ada di wilayah kerja Kodam XIIl/Merdeka dalam rangka pembinaan potensi Bidang Kemaritiman guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta membantu Kodam XIIl/Merdeka dalam perencanaan, pengendalian dan penga-wasan terhadap pelaksanaan operasi dan kegiatan aspek pertahanan di wilayah kerja Kodam XIIl/Merdeka.

Letkol Donny Ardiwidha sebagai Dandeninteldam XIII/Merdeka, memiliki tugas melaksanakan kegiatan dan operasi intelijen dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam XIII/ Merdeka.
“Kekhususan kegiatan intelijen ini menuntut kemampuan spesifik sebagai mata dan telinganya Komando dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks, dengan demikian Dandenintel harus mampu mampu memacu kinerja satuannya agar fungsi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan serta kemampuan deteksi dini dan cegah dini dalam menghadapi tugas ke depan dapat semakin optimal.” Tegas Pangdam.

Prajurit TNI seyogyanya mengerti bahwa jabatan adalah amanah, kepercayaan dan kehor-matan yang harus diterima dengan rasa syukur serta harus dapat dipertanggung-jawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa laksanakan amanah ini dengan baik. Tunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan motivasi yang tinggi, agar pelaksanaan tugas ke depan dapat dilaksanakan secara optimal Selamat Bertugas, Tetaplah menjadi Prajurit Jaya Sakti yang sejati dan tetap semangat.

Penghargaan dan Ucapan Terima kasih yang tulus kepada Kolonel Inf Endro Satoto, Kolonel Inf Ardianto dan Letkol Inf Ryan Hanadi, atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdiannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya selama ini sebagai Kasrem 131/Santiago, Kasipersrem 131/Santiago, dan Kasbrigif 22/Otamanasa.

“berbagai pengalaman yang didapat selama bertugas di Kodam XIII/ Merdeka ini kiranya dapat digunakan sebagai bekal untuk mengemban tugas jabatan yang baru di lingkungan TNI Angkatan Darat, masing-masing sebagai Danrem 152/Babullah Dam XVI/Patti-mura, Aspers Kasdam II/Sriwijaya dan Dosen Madya Seskoad, ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Ny. Endro Satoto, Ny. Ardianto dan Ny. Ryan Hanadi, yang dengan penuh kesabaran dan kesetiaan mendampingi suami dalam mengemban tugas dan pengabdian di lingkungan Kodam XIII/Merdeka.” Imbuh pangdam

Turut hadir Kasdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Santiago beserta jajaran,
Irdam XIII/Mdk,
Danrem 132/Tadulako dan Danrem 133/Nani Wartabone,
Danrindam XIII/Merdeka beserta jajaran,
Kolonel Inf Endro Satoto, Kolonel Inf Ardianto, Letkol Inf Ryan Hanadi dan Letkol Kav Budiman, Ny. Setio Budi Raharjo, Ny. Arnold Aristoteles Ritiauw, Ny. Abdul Haris, Ny. Verianto Napitupulu, Ny. Gokdin Gultom, Ny. Arief Bastari, Ny. Gunawan dan Ny. Sukrianto Puluhulawa sebagai warga baru Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka,
Para Staf Ahli, Asisten, Kabalak Dam XIII/Merdeka serta LO AU dan AL,
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka beserta para Pengurus,
Para Komandan Satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka,
Para Prajurit dan PNS Kodam XIII/ Merdeka.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.