Kakorlantas Selama Berada di Jalur Mudik: Pekerjaan Sudah Kami Anggap Hobi

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Royke Lumowa yang berada langsung di lapangan sejak pelaksanaan operasi Ketupat, mulai dari tanggal 8 Juni hingga 24 Juni 2018, guna memastikan pengamanan arus mudik-balik berjalan lancar mengungkapkan kisah perjalanan tugasnya.

Royke memulai perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya beserta jajaran. Dimana terus berada di jalur-jalur mudik baik dalam tol maupun jalan non tol. Pengecekan pada jalan tol fungsional juga dilakukan, mulai Kertasari-Krapyak, Salatiga-Kertasura dan Wilangan-Kertosono, serta sejumlah titik-titik rawan kemacetan tidak luput dalam pantauannya guna memastikan langsung keamanan, keselamatan dan kelancaran para pemudik. Seperti di jembatan Kali Kuto dan tanjakan Kali Kenteng.

Tidak hanya sarana dan pra sarana jalan, Kakorlantas juga memantau langsung bagaimana kedisiplinan dan ketertiban masyarakat selama arus mudik-balik lebaran 2018 dalam berlalu lintas.

“Bagus, pemudik cukup tertib dan meningkat. Terutama kecelakaan menurun itu tidak terlepas dari kedisiplinan yang meningkat. Mereka cukup sadar bagaimana berkendara yang baik. Dan tidak ada kecelakaan massal. Hanya satu-satu di seluruh Indonesia jadi kalau dijumlah cukup signifikan tapi itu menurun dibanding tahun lalu. Kemudian ketertiban berlalu lintas dan menjaga antrian juga cukup baik. Sepeda motor pun kami melihat di arteri yang berboncengan lebih dan muatan lebih sampai extending depan ke belakang. Tapi itu sedikit, sangat jauh dibanding tahun lalu,” ungkap Royke.

Dirinya menyampaikan, bahwa berada langsung di lapangan merupakan kebahagiaan karena dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat, baik para pemudik maupun masyarakat sekitar dan juga para petugas gabungan.

“Lebih banyak sukanya, karena sekalipun ada duka, tapi itu untuk kebahagiaan semua. Sehingga lelah-letih itu sebagai bumbu pelayanan kami kepada masyarakat, karena pekerjaan sudah kami anggap sebagai hobi,” ujarnya.

(Iwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.