Kube OKI Ikut Seleksi Tingkat Nasional

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Berawal dari modal senilai Rp20 juta yang diberikan pemerintah melalui dana Kelompok Usaha Bersama (Kube), usaha bersama milik masyarakat Desa Terusan Laut, Kecamatan Sirah Pulau Padang (SP Padang), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kini telah berkembang pesat. Hal ini senada dengan tujuan dari pemberian dana Kube itu sendiri agar masyarakat dapat lebih mandiri.

Bahkan, Kube yang diketahui bernama Taratai Putih dan bergerak di bidang peternakan kambing ini menjadi salah satu kandidat yang akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mengikuti ajang Kube berprestasi di tingkat nasional. “Jadi kita (OKI) menjadi salah satu kandidat yang akan mewakili Sumsel, selain Kabupaten Muara Enim dan Banyuasin,” kata Kepala Dinas Sosial OKI, H Amirudin melalui Kabid Fakir Miskin, Eka Mardiana SP MM, Jumat (28/07/2018).

Menurutnya, Kube yang berdiri sejak tahun 2012 ini kini telah berkembang cukup pesat. “Modal awal dari APBN itu sebesar Rp20 juta untuk 10 orang anggota kelompok. Sekarang, jumlah kambingnya sekitar 200 ekor,” ungkapnya.

Hal inilah yang selanjutnya membuat Kube Teratai Putih ini menjadi salah satu kandidat untuk mewakili Sumsel. “Peternakannya juga sudah dapat menghasilkan dan membantu perekonomian dan para anggota,” jelasnya.

“Kemarin sudah ditinjau langsung oleh pihak provinsi, dan mereka juga memuji perkembangan serta kemajuan dari Kube ini. Hanya saja, kata mereka perlu melengkapi beberapa administrasi, termasuk dokumentasi,” sambungnya.

Masih kata Eka, di desa tersebut, selain Kube dalam bentuk peternakan kambing, masih ada Kube yang bergerak di bidang otomotif (bengkel). Menurutnya, jika memang memenuhi syarat, Kube tersebut juga akan diikutsertakan dalam seleksi Kube terbaik tingkat nasional.

“Mereka juga kita minta untuk melengkapi administrasi. Termasuk foto misalnya saat ada pelanggan yang datang ke bengkel dan lainnya,” ujarnya.

Dirinya berharap, keberadaan Kube-kube ini dapat menjadi pionir bagi Kube-kube lainnya untuk dapat lebih berkembang.

“Selain itu kita juga mengharapkan tentunya usaha dari masyarakat anggota Kube ini dapat meraih hasil terbaik dalam seleksi Kube terbaik tingkat nasional ini,” pungkasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.