Wisata Tahunan Di Sungai Komering Masih Eksis 

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Tradisi naik alat transportasi sungai seperti Speedboat merupakan salah satu hiburan bagi masyarakat yang merayakan hari raya idul fitri di Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Jika hari raya Idul Fitri tiba, maka ada ratusan speedboat dari perairan Palembang, Pemulutan bahkan Banyuasin berangkat ke kota Kayuagung. Seperti hari raya tahun 1439 H, Sungai Komering di Kecamatan Kayuagung dipadati dengan hilir mudik speedboat mengangkut penumpang.

Mulai dari Anak- anak dan orang dewasa baik dari kayuagung maupun desa lainnya menyewa speedboat untuk menikmati sungai komering sejak hari pertama Idul Fitri Hingga H+ 5 nanti.

Para pemilik Speedboat tentu panen rezeki dalam moment ini, karena sejak pagi hingga menjelang malam speedboatnya disewa penumpang perorangan dan kelompok.

Pemilik sekaligus serang speedboat menetapkan tarif untuk pagi hingga siang hanya Rp5.000/orang. Siang hingga sore berubah drastis menjadi Rp100.000/kelompok. Setiap speedboat berkapasitas maksimal 7-8 orang.

“Lumayan dek, rezeki tahunan kami. Setiap tahun kami selalu ke Kayuagung,”kata Fahrul (34) sopir speedboat asal 3 Ulu Palembang. Dalam sehari omzetnya tentu mencapai jutaan, bahkan hampir menyentuh angka 10 juta.

Ini sangat masuk akal karena bila penumpang berkelompok membayar Rp100.000 hanya untuk menaiki speed dari rute PP Sungai Komering Kelurahan Sukadana menuju Jua-Jua yang hanya butuh waktu tak lebih dari 10 menit.

Camat Kayuagung, Deddy Kurniawan, S.STP didampingi Kapolsekta Kayuagung AKP Feriyanto, Senin (18/6/2018) berharap, pengelola speedboat juga harus memperhatikan keselamatan penumpang dengan menyiapkan pelampung bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Plt Bupati OKI, HM Rifai, SE didampingi Sekda, Camat, Danramil dan Kapolsek, ia menyempatkan diri untuk melihat langsung ratusan speedboat hilir mudik di rute yang ditentukan di perairan sungai komering.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.