Meski Akses Jalan Sulit, Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad Sambangi Warga di Perbatasan Negara

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad mengunjungi Kampung Miri Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel Papua. Dalam kunjungannya kali ini Dansatgas Yonif Raider 323 Letnan Kolonel Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si (Han) sekaligus menggelar truk pustaka yang menjadi ikon pendidikan informal guna membantu warga Papua. Selain itu, ia didampingi Komandan Kompi C Satgas Lettu Inf Edy Riwanto membawa beberapa bantuan sarana pendidikan yang disiapkan sejak dari Homebase di Tanah Jawa. Jair (11/8/2018)

Kondisi cuaca mendung disertai hujan rintik-rintik tidak menyurutkan semangat warga satu suku dari 2 wilayah yang terpisah Sungai Digoel yaitu Kampung Miri dan Kampung Anggai. Lokasi kunjungan yang berlokasi di Halaman SD persiapan Kampung Miri mengharuskan warga dari wilayah Anggai melintasi Sungai Digoel yang merupakan ikon Kabupaten Bovendigoel.

Kehadiran Komandan Satgas 323 ini disambut dengan tarian adat oleh warga asli Suku Mandobo dan nyanyian lagu selamat datang dari siswa-siswi SD persiapan Kampung Miri. Menurut Dansatgas, “selama ini wilayah Kampung Miri dan Anggai sangat jarang tersentuh perhatian dari Satuan Pamtas yang bertugas di wilayah Bovendigoel, untuk itu saya memerintahkan Danki C Satgas untuk melakukan pembinaan teritorial di wilayah ini, dan sekarang saya mau lihat hasilnya”.

Dalam perjalanan menuju lokasi pun rombongan mengalami beberapa kendala, selain jarak yang cukup jauh ditambah dengan kondisi jalan yang belum diperkeras. “Tapi tekad kami kuat, hari ini kami harus bisa menjangkau wilayah ini”, ujar Dansatgas mempertegas.

Kepala Kampung Anggai, Bapak Gabriel Sinfagi menyampaikan, ia bersama warga kampung yang sejak tadi pagi sudah berangkat dari Anggai menyeberangi Sungai Digoel untuk bisa bertatap muka dengan Komandan Satgas. Ia juga menambahkan, “selama ini abang Kostrad yang biasa bantu kami di Kampung itu dari Pos KM 30 dibawah Komandan Lettu Edy”.

Dalam kegiatan kunjungan ini, truk pustaka yang digelar menjadi perhatian utama para warga yang hadir. Sampai dengan acara kunjungan selesai, warga terus berdatangan dari pelosok kampung untuk menyaksikan pemutaran film bertema perjuangan yang digelar di dalam truk pustaka tersebut.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.