Semarak Pembukaan Malam Perhelatan Festival Cisadane Tahun 2018 Kota Tangerang

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang dalam Opening Ceremony pembukaan Festival Cisadane 2018 memberikan sajian berbeda pada perhelatan festival tahunan yang digelar bersamaan dengan Asian Games di Jakarta dan Palembang yang pada tahun ini, berlangsung di panggung terapung di atas Bantaran Sungai Cisadane, di sepanjang sisi Jalan Benteng Jaya, Benteng Makassar, Kota Tangerang, Sabtu malam (25/8/2018).

Pembukaan Festival Cisadane yang biasa dilaksanakan siang hari, pada tahun ini laksanakan pada malam hari dengan Opening ceremony yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya dengan semarak berbagai perlombaan. Seperti perlombaan dragon boat nasional dan internasional, paramotor hover board water, pagelaran budaya daerah, festival kuliner, pameran pembangunan, serta gelar karya UMKM.

Festival Cisadane yang dihelat pada 25 Agustus hingga 1 September 2018. Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan menyajikan sejumlah agenda untuk menyemarakkan acara pembukaan, dengan Puluhan perahu hias dilengkapi lampu warnawarni akan berparade di sekitar panggung dan pesta kembang api yang menandakan pembukaan festival cisadane yang mewarnai langit Sungai Cisadane serta Lampu-lampu sorot dari tepian sungai yang menerangi sungai di percantik ratusan lampu lapion yang turut menghiasi pada acara pembukaan Festival Cisadane.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang Raden Rina Hernaningsih mengatakan, penyelenggaraan Festival Cisadane pada tahun ini sangat unik karena dikemas dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-73 sekaligus menyemarakkan Asian Games.
Festival yang bertujuan untuk menarik wisatawan tersebut akan dimeriahkan oleh lomba dayung perahu naga internasional. Lomba perahu naga juga diikuti peserta dari Makasar, Purbalingga, Palembang, Bekasi dan Jakarta.

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya dilaksanakan pada Pagi hari dan siang hari sekarang dilaksanakan pada malam hari, dengan maksud mudah-mudahan ini mudah-mudahan akan lebih bisa menghibur masyarakat Kota Tangerang dan menjadi daya tarik wisatawan di malam hari dan diselenggarakan juga lomba- lomba sepeti, tari kreasi, lomba band, lomba perahu hias, lomba perahu naga juga diselenggarakan juga tampilan -tampilan yaitu ondel- ondel, kuda lumping, atraksi Barongsai, geramang-geromong, wayang golek dan masih banyak lagi yang lainnya.” Ungkap Rina dalam laporan kepada Walikota Tangerang pada Sambutan pembukaan Festival Cisadane.

“Terimakasih Kepada Pemerintah Kota Tangerang serta dinas terkait yang membantu jalannya acara Festival Cisadane, Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Dan Festival cisadane juga di ikuti sebanyak 150 stand yang terdiri dari UKM, OPD, dan Stand BUMD se- Kota Tangerang, untuk lomba perahu naga dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga diikuti oleh 8 Kabupaten, Kota se- Indonesia yaitu dari Kota Tangerang, Kabupaten Purbalingga Kabupaten Bekasi Kabupaten Ogan Hilir, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cilacap, Provinsi DKI Jakarta dan Kota Bekasi.” Tambahnya

Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi  dalam sambutannya menerangkan, Bangga jadi Warga Kota Tangerang dan bangga terhadap masyarakat Kota Tangerang dan terhadap Pemerintah Kota Tangerang dalam penyelenggaraan acara Festival Cisadane, semoga dapat meningkatkan wisatawan dan menigkatkan perkembangan ekonomi yang ada di Kota Tangerang.

“Bangga, antusias masyarakat dan warga. Mudah-mudahan malam ini masyarakat kota Tangerang terhibur dalam perayakan festival Cisadane tahun 2018 yang dilaksanakan Dinas Budaya Pariwisata dan Pertamanan, juga kepada para awak media yang hadir dan turut menyemarakan kemeriahan dalam acara malam hari ini, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah atau meningkatkan ekonomi UMKM yang ada di Kota Tangerang dan bangga menjadi Warga Kota Tangerang.” Pungkasnya.

“Terima kasih kepada Disbudpar dalam penyelenggara Cara Pada malam ini serta OPD dan semua elemen yang terlibat membantu dalam suksesnya acara Festival Cisadane. Dan perlu di ketahui juga karena tadi baru dilaunching oleh teman-teman Dinas Perhubungan bus wisata Kota Tangerang, yang memang baru dimulai dua bus, yang nanti di akhir tahun tambah 2 bus dan tahun depan 2 bus yang akan berhenti di tempat- tempat wisata di Kota Tangerang.  alhamdulillah Terima kasih buat PHRI dan semua teman-teman hotel restoran yang mendukung, mudah-mudahan wisata di kota Tangerang semakin menarik dan Semarak, hari juga telah di launching oleh bapak wakil walikota Tangerang great Sale jadi ada beberapa mall di kota Tangerang yang memberikan diskon hingga 73% menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 untuk meningkatkan daya beli masyarakat segala potensi perdagangan dan UMKM di Kota Tangerang, Pada kesempatan ini saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat kota Tangerang untuk senantiasa apalagi beberapa minggu belakangan kota Tangerang sangat sekali kalau kita lihat Sungai Cisadane ini sudah begitu surut, mudah-mudahan allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa menjaga seluruh kota Tangerang dengan kebutuhannya.” Papar Walikota Tangerang Arif R. Wismansyah pada sambutannya

Karnaval budaya yang akan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang serta elemen masyarakat, menambah kemeriahan antusias ribuan pengunjung dari berbagai daerah dalam perhelatan Festival Cisadane yang juga akan diramaikan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan pemerintah. Dari 150 stand yang tersedia, sebanyak 81 stand dikhususkan untuk para UKM menjajakan dagangannya, dan sisa stannya dipakai untuk pelayanan.

Salah satunya stand UKM dari OPD Kecamatan Tangerang yang turut meramaikan acara Festival Cisadane. Kepala Kecamatan Tangerang Agus Hinra Fitrahiyana menyampaikan, Kegiatan yang dilaksanakan untuk menyemarakan kemeriahan acara Festival Cisadane juga untuk mengembangkan binaan UKM dan mensosialisasikan kegiatan-kegiatan OPD khususnya yang ada di Kecamatan Tangerang.

“Banyak sekali kegiatan yang disajikan, dari Sosialisasi kegiatan OPD Kecamatan tangerang sendiri maupun pembinaan peningkatan pengembangan UKM yang ada di Kecamatan Tangerang. Berharap masyarakat Kota Tangerang maupun warga Kecamatan Tangerang dapat melihat kegiatan-kegiatan dan kreasi OPD yang ada di stand Kecamatan Tangerang dalam memeriahkan acara Festival Cisadane sampai 1 September 2018.” Ungkapnya.

(Abidin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.