AIPI Sulut : Majukan Kehidupan Berdemokrasi Sukseskan Pilpres 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Kaban Kesbangpol Mecky Onibala saat membuka Seminar Nasional Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) mewakili Gubernur Olly Dondokambey SE, mengangkat tema “Pilkada Serentak dan Prospek Pemilu 2019,”bertempat di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernuran Sulut, Jumat (14/9/2018).

Melihat Tingginya angka partisipasi pada pelaksanaan Pilkada tahun 2018 ini, harus mampu menjadi standar bagi kita semua untuk membawa optimisme seluruh masyarakat Sulawesi Utara, mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tanggal 17 April 2019, merespon positif kegiatan ini dan mendorong agar seminar AIPI mampu menjadi wadah evaluasi atas karya dan kerja selama proses pelaksanaan Pilkada.

“Mencermati berbagai kekekurangan dan hambatan yang ada sekaligus menghasilkan rekomendasi konstruktif yang dapat di implementasikan pada pelaksanaan pesta demokrasi mendatang harapan Pilkada serentak 2019 di wilayah Sulawesi Utara dapat berlangsung aman, lancar dan sukses.” Ucapnya

Diketahui Sebelumnya pada pelaksanaan Pilkada pada 27 Juni 2018 ada enam daerah Kabupaten/Kota di Provinsi menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara serentak, Persentase partisipasi pemilih Sulut dari jumlah 591.040 Daftar Pemilih Tetap yang tersebar di 76 Kecamatan, 800 Desa/Kelurahan, di 1.528 TPS, tingkat partisipasi politik meningkat 80,94 atau mencapai 478.413.

“Kegiatan ini diharapkan semakin dioptimalkan sehingga akan melengkapi kesuksesan di tahapan selanjutnya untuk memajukan kehidupan berdemokrasi di Indonesia khususnya di Sulut,” pungkas Gubernur.

Tampil sebagai narasumber dari Anggota Bawaslu RI Fritz Siregar, SH, LL, M. PhD, Ketua Bawaslu Sulawesi Utara Herwin Malondah, SH, MH, Ketua KPU Sulut DR. Ardiles Mewoh, S.IP, M.Si, Peneliti Kepemiluan Unsrat DR. Ferry Liando, S.IP, M.Si, Pimpinan Pengurus AIPI Manado, para Komisioner KPUD, Bawaslu, dan Akademisi.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.