Inovatif, Polres Ternate Kembangkan Pelayanan Publik Berbasis IT

Spread the love

Jurnalline.com, Ternate – Inovasi pelayanan publik di lingkungan Polres Kota Ternate mendapat sanjungan Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) kota setempat. Inovasi berbasis informasi teknologi (IT) dapat dijadikan contoh bagi seluruh Polres di tanah air dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Inovasi pelayanan publik yang dilakukan Polres Ternate terbilang baru dan pertama kali di seluruh Polres di tanah air. Bagaimana tidak, hasil buah pikiran Kapolres Ternate, AKBP. Azhari Juanda ini mulai disosialisasi ke masyarakat khusunya Kota Ternate.

Atas Inovasi tersebut, PD IWO mendukung penuh Polres Ternate dalam meningkatkan pelayanan publik. Menurut Ketua IWO Ternate, Budiman L Mayabubun, aplikasi berbasis IT yang beri nama POLRES TERNATE ini sangat membantu kebutuhan masyarakat. Tak hanya meningkatkan pelayanan publik seperti mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online, kehadiran inovasi ini memudahkan masyarakat pada pelayanan publik lain juga mendekatakan kemitraan antara masyarakat dan Polri khususnya di lingkungan Polres Ternate.

“ Hal ini barangkali menjadi kabar baik bagi masyarakat yang kerap membutuhkan bantuan polisi. Sehingga masyarakat yang mengurus SIM, SKCK tidak lagi bolak balik, masyarakat tinggal mengisi sesuai kebutuhan pada konten yang tersedia di aplikasi *POLRES TERNATE*,” kata budi disela-sela kunjungan ke Mapolres Ternate, Jumat (15/9/2018).

Karena itu, pria kelahiran Pulau Taliabu Kepulauan Sula (Kepsul) ini meyakini kehadiran aplikasi *POLRES TERNATE* itu sudah barang tentu memudahkan semua kebutuhan batuan polisi terkait gangguan kejahatan, keamanan, kesehatan serta gangguan lainnya. “ IWO siap mensosialisasikan aplikasi ini ke masyarakat sebagai bentuk kesigapan dan kesiapan Polres Ternate melakukan pengamanan dan pelayanan,” katanya.

Budi pun mengapresiasi terobosan tersebut. Dirinya meminta kepada jajaran Polres Ternate terus berinovasi. Bila perlu Polres Ternate menjadi contoh, dan berbagai inovasinya dijadikan program nasional.

“ Inovasi tidak harus dengan teknologi canggih, dan berbiaya mahal. Kentongan online ini sangat sederhana dan biayanya tidak mahal,” sambungnya.

Tak hanya mendukung terobosan tersebut, PD IWO Kota Ternate merencanakan dalam waktu dekat melakukan nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) dengan Polres Ternate. Langkah ini diambil membangun kemitraan, salah satunya memperkenalkan kerja-kerja wartawan dilapangan (liputan).

“ Karena wartawan sering mendapat perlakuan tidak baik saat dilapangan. Untuk itu kita kenalkan, sebab setiap perusahan media punya aturan tersendiri memberikan tanda pengenal (ID CARD) pada wartawannya. Berharap adanya MoU ini kemitraan Polres Ternate dan IWO tetap terjalin terus menerus,” kata Budi usai bersilahturahim dengan Kapolres Ternate, AKBP. Azhari Juanda.

Silahturahim ke Mapolres Ternate ini di terimah lagsung AKBP Azhari Juanda. Sebelum memulai pembicaraan, para rombongan PD IWO dipersilahkan menyantap buah salak hasil panen Kapolres. Mantan Kapolres Tidore Kepulauan (Tikep) ini memulai pembicaraannya dengan meminta maaf atas peristiwa tidak menyenangkan yang menimpa salah satu wartawan online beberapa lalu. Susana menjadi hening ketika Kapolres sedikit memberikan renungan islami para rombongan IWO. Di akhir silahturahim ini diakhiri saling jabat tangan satu sama lain.

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.