Babinsa Cikakak Bantu Pendistribusian Air Bersih

Spread the love

Jurnalline.com, Banyumas (Jateng) – Kodim 0701/Banyumas, menggerakkan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) guna membantu pendistribusian air bersih di desa binannya yang masih dilanda kekeringan, seperti yang terjadi di Desa Cikakak Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Jumat (19/10/2018)

“Semua Babinsa yang bertugas di desa-desa yang kekurangan air bersih kami instruksikan agar mereka proaktif membantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Banyumas menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat,” kata Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, S. Sos., M.M.S. melalui Danramil 19/Wangon Kapten Cba Budi Priyatno.

Ia menjelaskan keberadaan TNI di desa harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, termasuk membantu kebutuhan masyarakat.

“Jajaran koramil di masing-masing kecamatan juga di instruksikan untuk melakukan pemantauan dan pengawasan secara langsung ke lapangan,” ujar Danramil.

Selain itu, prajurit abdi negara itu juga diminta untuk ikut membantu menyampaikan informasi kepada petugas BPBD Pemkab Banyumas apabila ada desa yang belum masuk dalam pendataan pemkab, sehingga luput dari bantuan pemerintah.

Saat ini masih di Desa di Grumbul. Gandarusa dan Baron Desa. Cikakak Kec.Wangon masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi dan memasak, jelas Danramil.

Pendistribusian Air Bersih dari BPBD Kab. Banyumas yang dilakukan hari ini, Jumat (19/10/2018) sebanyak 1Tengki air (5.000 lt) untuk Grumbul Gandarusa Desa Cikakak dan 1 Tengki air (5000 lt) untuk Grumbul Baron Desa Cikakak.

“Pemberian air bersih dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang mengalami kekeringan, akibat dari kemarau yang panjang, bantuan air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan minum, masak dan mandi warga masyarakat. Air yang di salurkan di masukan ke dalam Ember dan Jeligen yang sudah tersedia, sebagai penampung air,” pungkas Kapten Budi.

Hadir dalam kegiatan Pendistribusian Air Bersih, Babinsa Cikakak Pelda Dwi Warsito, Kades Cikakak (Bpk Suyitno. SH), Kadus 2 Desa Cikakak (Bpk. Akim), Kadus 5 Desa Cikakak (Bpk Katim).

(Dp/fram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.