Pemprov dan KNPI Malut Gelar Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90

Spread the love

Jurnalline.com, Malut, Sofifi – Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Malut menggelar upacara dengan tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”, yang berlangsung di halaman kantor Gubernur Malut, Gusale Puncak, Sofifi, Senin (29/10/2018), berjalan dengan khidmat.

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, yang dibacakan Wakil Gubernur M Natsir Thaib menyampaikan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum yang sangat penting untuk mengenang jasa para pemuda yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda 1928 tahun lalu.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” kata Natsir Thaib

Wagub juga mengatakan, Indonesia akan dihadapkan dengan hajatan Nasional yakni Pemilihan Presiden dan Legislatif. Olehnya itu, lanjut Natsir, pemuda harus mengambil peran untuk mensukseskan hajatan lima tahun sekali tersebut.

“Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan mengejar hajat besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk I, dan DPRD Tk II,” ujarnya

“Untuk itu, peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 nanti perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas,” katanya menambahkan.

Mengakhiri sambutannya, Plt. Bupati Halmahera Timur itu mengajak para pemuda, khususnya di Maluku Utara untuk terus mengeksplor kemampuan diri untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan sia-sia dalam mengubah dunia,” tutupnya

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.