Hari Juang Kartika Kodim Pekalongan Prakarsai Pembersihan Sungai Bremi

Spread the love

Jurnalline.com, Pekalongan – Sebanyak 150 orang dari berbagai elemen di Kota Pekalongan membaur menjadi satu membersihkan sungai Bremi yang tertutup oleh enceng gondok. Pembersihan diprakarsai Kodim 0710/Pekalongan bekerjasama dengan BPBD Kota Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, serta masyarakat yang bertempat di kelurahan Pasir Kraton Kramat Kecamatan Pekalongan Barat. Jum’at ( 30/11/2018).

Kegiatan pembersihan enceng gondok tersebut diawali dengan apel yang dipimpin oleh Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz dan secara simbolis mengawali kegiatan tersebut yang diikuti oleh pasi Ops Kodim Pekalongan, Pasiter Kodim Pekalongan serta beberapa perwira dari Polres Pekalongan kota serta masyarakat setempat.

Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz pada kesempatan tersebut sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dan berharap agar kegiatan pembersihan sungai tersebut, tidak dilakukan hanya waktu-waktu tertentu saja namun masyarakat setempat untuk lebih peduli lagi dengan lingkungannya sehingga tidak ada penumpukan enceng gondok maupun sampah yang lain, yang bisa mengakibatkan tersumbatnya sungai tersebut dan dapat menimbulkan banjir.

Sementara itu, Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha melalui Pasi Ops Kodim Kapten Inf Nur Hajari menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2018, serta untuk membantu masyarakat yang berada di pinggiran sungai Bremi agar terhindar dari bahaya banjir.

“Kegiatan pada pagi hari ini adalah dalam rangka Hari Juang Kartika Ke-73 tahun 2018, serta untuk membantu masyarakat yang berada di pinggiran sungai Bremi agar terhindar dari bahaya banjir, karena apabila enceng gondok ini tidak kita bersihkan, maka akan bisa mengakibatkan genangan air dan bisa mengakibatkan banjir,”terang Kapten Nur Hajari.

Kegiatan tersebut melibatkan elemen masyarakat diantaranya, TNI AD, TNI AL, Polri, BPBD Kota Pekalongan, Relawan Kota Pekalongan serta masyarakat setempat.

(Dp/fram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.