Komandan PMPP TNI Buka Kursus UN CIMIC Tahun 2018

Spread the love

Jurnalline.com, Puspen TNI – Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M. Bus. membuka kursus United Nations Civil and Military Coordination (UN CIMIC) tahun 2018 bertempat di Auditorium PMPP TNI, Sentul, Bogor, Senin (26/11/2018).

Dalam sambutannya Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M. Bus. menyampaikan mengenai pentingnya CIMIC dalam setiap misi perdamaian yang salah satunya memiliki peran dalam mengantisipasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh para penjaga perdamaian di lapangan.

“Tujuan diselenggarakannya kursus UN CIMIC adalah agar peserta memahami tentang elemen CIMIC yang merupakan salah satu fungsi dari staf militer yang memfasilitasi antara militer dan masyarakat sipil komponen pada suatu misi yang terintegrasi”, kata Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M. Bus.

Pelaksanaan kursus UN CIMIC berlangsung selama 12 hari (26 November s.d. 7 Desember 2018) melibatkan 10 instruktur dari PMPP TNI.

Dalam kursus CIMIC tersebut materi pelajaran yang diberikan antara lain pengetahuan mengenai organisasi PBB, Blue Line Exercise dan materi CIMIC yang dirangkum dalam pelajaran kelas dan diskusi grup. Kursus CIMIC ini diikuti oleh 15 perwira TNI dan 5 peserta manca negara.

(Fram/ST-P)
Sumber :
Kabidpeninter Puspen TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.