Polres OKI Buka Pelayanan Sim Keliling

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumatera selatan) – Kabar gembira buat masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang hendak mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kabupaten OKI akan semakin mudah. Hal ini ditandai dengan hadirnya pelayanan SIM keliling oleh Polres OKI.
Meskipun hanya melayani proses perpanjangan, keberadaan bus SIM ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang ingin mengurus SIM-nya.

“Jadi SIM keliling ini untuk melayani pengemudi yang ingin memperpanjang SIM C dan A. Jadi bukan untuk membuat baru,” kata Kapolres OKI AKBP Donny Eka Syaputra usai launching bus SIM keliling di Mapolres OKI, Selasa (13/11/2018) pagi.

Kalau membuat, tambahnya, ada mekanisme yang harus dilalui seperti teori dan uji praktik, berbeda dengan perpanjangan.

“Langsung saja bawa KTP dan SIM lama. Termasuk bagi pengendara yang bukan berasal dari OKI, bisa memperpanjang di situ,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, wilayah Kabupaten OKI sendiri memang sangat luas dan masyarakatnya juga cukup banyak, sehingga diharapkan keberadaan SIM keliling ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

“Jumlah busnya ada satu unit, dan rencananya nanti akan ditempatkan di Tugu Mulyo. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa ke wilayah lain, misal ada anggota KUD atau masyarakat di Kecamatan Tulung Selapan yang ingin memperpanjang bisa dikomunikasikan, asal waktunya jangan terlalu mepet, karena akan diberitahukan juga kepada masyarakat yang di Tugu Mulyo bahwa pada hari itu tidak ada pelayanan (di sana),” jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres OKI, AKP Ricky Nugraha menambahkan, pelayanan SIM keliling tersebut akan beroperasi selama jam kerja, mulai hari Senin-Jumat.

“Hari ini mulai bisa digunakan, tapi untuk pertama ini kita di Kota Kayuagung dulu sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat,” katanya.

“Kalau waktunya tidak kita tentukan berapa lama di satu titik pelayanan. Tapi sesuai kata Kapolres tadi, kalau ada kelompok masyarakat yang ingin menikmati pelayanan bisa menghubungi kami,” pungkasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.