Promosi Produk IKM, Disperindag Malut Gandeng Tokopedia.com

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) – Dalam upaya memperluas jaringan pemasaran produk olahan IKM Maluku Utara, Pemerintah Provinsi Malut melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan kini menggandeng perusahaan marketplace online Tokopedia.com.

Penandatangan MoU antara Disperindag dengan pihak menejemen Tokopedia berlangsung di lantai 2 Safirna transito hotel, selasa (27/11/2018).

Ketua panitia pelaksana, Tri Fenty Ratnani kepada awak media mengatakan, pada kesempatan tersebut, tidak hanya penandatanganan kerjasama dengan pihak tokopedia, namun sekaligus dilakukan pelatihan kepada 40 IKM.

Dikatakan, sebagai langkah awal Disperindag baru menjalin kerja sama dengan satu e-commerce, tidak menutup kemungkinan kran kerja sama akan dilakukan dengan ecommerce yang lain.

“Kedepan kita juga akan menggandeng Bukalapak dan Blibli.com,” katanya

Sekarang ini, lanjut Nani, IKM tidak repot lagi, karena sudah ada media khusus yang memasarkan produk mereka, baik itu didalam negeri hingga ke luar negeri melalui Tokopedia.com.

Ia menambahkan, dengan kerjasama ini pihak Tokopedia memfalitasi dan memberikan training kepada pada 40 pelaku usaha IKM, pelatihan itu lebih pada perbaikan kualitas, kemasan atau tampilan sebelum pasar melihat langsung produk secara fisik. selain itu juga diberikan teknik pemotretan dan sistem pembayaran secara online.

Dengan ada kerja sama tersebut, pihaknya berharap para IKM dapat memaksimal wadah yang telah disediakan. Karena itu, pelatihan langkah itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Ini adalah sebuah terobosan, sebab para IKM Malut sudah menunggu kapan mereka bisa masuk pada momentum pasar e-commerce,” kata Asrul yang juga Kadis Perindag Malut.

Selain itu, lanjut Asrul, pelaku usaha (IKM) akan meraup keuntungan yang tinggi apabila mampu mengolah sumber daya yang dimiliki secara maksimal.

“Malut punya sumber daya alam seperti perikanan, perkebunan, kehutanan, pertambangan, pertanian yang bila ini di hilirisasi dan dikelola secara maksimal oleh IKM maka akan menghasilkan pendapatan yang maksimal pula,” pungkasnya

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.