James Rawung SH, Paripurna RPJMD 2018-2023, Indeks Program Prioritas Pro Rakyat

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Minahasa, Rabu (19/12/2018) melaksanakan Rapat Paripurna Dalam Rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Dan Program Pembangunan Jangka Menengah, Dan Indeks Program Prioritas Disertai Kebutuhan Pendanaan Rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode tahun 2018-2023 dan Penyampaian Pinjaman Daerah Untuk Mendapatkan Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa. Bertempat di Ruang sidang DPRD Kabupaten Minahasa dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung,SH. Wakil Ketua Ivonne Andries.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa, Ir Royke Oktavian Roring, M.Si, menyampaikan program
Kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan Visi Misi Presiden Jokowidodo, serta implementasi Nawa Cita 22 program prioritas RR-RD point kelima yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat kabupaten minahasa yang sehat, cerdas, terdidik dengan karakter dan kepribadian serta berdaya saing.

Dalam penyelenggaraan upaya kesehatan perorangan, pemerintah telah menyiapkan rumah sakit di seluruh pelosok tanah air. Termasuk RSUD DR. Sam Ratulangi Tondano merupakan satu-satunya rumah sakit milik pemerintah kabupaten tipe C, yang memiliki 120 tempat tidur, dengan luas lahan 14000 m” dengan luas bangunan 7500m” dan menjadi pusat rujukan dari puskesmas-puskesmas yang ada di kabupaten minahasa.

Terkait hal tersebut, Telah di anggarkan pembangunan RSUD tipe C yang lebih representatif dan pembangunannya melalui pinjaman kepada Bank SulutGo sebesar 120.000.000.000,- (seratus dua puluh miliar rupiah), dengan jangka waktu pengembalian 5 tahun dan bunga pinjaman sebesar 10,25% dengan “grace periode” 18 bulan.

Paripurna RPJPD ini merupakan penjabaran dari visi,misi, dan program saya (Bupati ROR) bersama wakil bupati (RD) untuk jangka waktu 5 tahun kedepan periode tahun 2018 sampai dengan tahun 2023 yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW, dan RPJMN.

Turut hadir Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring,MSi. Para Anggota DPRD, Sekdakab Minahasa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala,MS i. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Wilford Siagian, MA. Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Kejari Minahasa Rakhmat B. Taufani,SH,MKn. Mewakili kapolres minahasa IPTU Arie Hasan, Kapolsek Toulimambot. Mewakili Dandim 1302 Danramil 01/Tondano Pelda Djonie Bura. Bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, serta insan pers.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.