Kombes Pol Nunung Syaifudin : Selamat HUT Korps Polairud Ke – 68 Tahun 2018

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Cilegon (Banten) – Direktur Polairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifudin mengucapkan selamat HUT ke – 68 untuk Korpolairud Polri pada 1 Desember 2018. Dengan mengangkat tema “Dengan Semangat Promoter, Polairud Siap Mengamankan Pemilu 2019 Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional”.

Dengan semboyan “ARNAVAT DHARPA MAHE” justru dilaut kami bangga, Polairud siap amankan wilayah perairan NKRI.

Korps Kepolisian Perairan dan Udara atau biasa disingkat Korpolairud adalah satuan di dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mendukung tugas – tugas Kepolisian lewat air (sungai/laut) dan udara.

“Bersama kita tingkatkan kinerja khususnya di Direktorat Polairud Polda Banten, dalam pemeliharaan keamanan nasional dan internasional di perairan dan udara khususnya wilayah hukum Polda Banten serta Indonesia, terutama dalam mendukung agenda nasional Pileg dan Pilpres 2019. Agar keberadaan Direktorat Polairud dapat memberikan manfaat besar bagi rakyat,” kata Kombes Pol Nunung Syaifudin, saat dihubungi Jurnalline.com, Sabtu (01/12/2018).

“Antar lembaga negara saling kerjasama dan kemitraan secara sinergis dengan Pemerintah Daerah, TNI, instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat sebagai bagian dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat,” tambah Kombes Pol Nunung Syaifudin.

Polairud lahir ketika Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal 14 Maret 1951 soal penetapan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara terhitung mulai 1 Desember 1950. Keputusan ini disempurnakan lagi dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Perdana Menteri RI tanggal 5 Desember 1956 tentang pembentukan Seksi Udara pada Jawatan Kepolisian Negara. Sejak itu, bagian Polisi Perairan menjadi bagian Polisi Perairan dan Udara. Di awal berdirinya, Polisi Perairan bermodalkan sebuah kapal “Angkloeng”. Baru pada akhir tahun 50-an, jumlah kapal bertambah hingga mencapai 35 buah. Sementara Polisi Udara hanya memiliki sebuah pesawat Cessna-180.

(Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.