Pembukaan Persami Saka Wira Kartika Kodim 0623/ Cilegon

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Cilegon (Banten) – Bertempat di lapangan bola Ponpes Al-Arrof Link. Kubang Lesung Kulon RT 01/ RW 04 Kelurahan Tamanbaru Kecamatan Citangkil Kota Cilegon, dilaksanakan upacara pembukaan Saka Wira Kartika Kodim 0623/Cilegon. Dengan tema “TNI AD melalui pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika siap membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke-Bhineka Tunggal Ika -an demi menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia”, Sabtu (08/12/2018).

Upacara sekaligus membuka resmi kegiatan Persami yang ditandai penancapan golok pada tunggul tunas kelapa oleh Komandan Kodim 0623/ Cilegon Letkol Inf Rico Ricardo Sirait.

Dalam sambutannya Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan ridhonya pada hari ini kita dapat mengikuti upacara pembukaan Persami Kodim 0623/Cilegon dalam keadaan sehat walafiat. Sebagaimana kita ketahui pada dasarnya fungsi dari pramuka, merupakan kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung unsur pendidikan, karena itu pesan para pemimpin kepada kakak Pembina, semua permainan dan kegiatan harus mempunyai tujuan yang jelas dan aturan permainan jelas pula, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja.

Tambah Letkol Arm Rico Ricardo Sirait dalam sambutannya, perlu kita ketahui bersama kegiatan Persami Saka Wira Kartika ini, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa. Tentu bagi orang – orang yang sadar dan berpendidikan kepramukaan bukan lagi permainan semata, tetapi suatu yang memerlukan keikhlasan dalam kegiatannya, kerelaan, dan pengabdian menjalankannya.

“Fungsi kegiatan Pramuka yang paling utama untuk generasi anak muda sekarang adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi, kepramukaan yang menimbulkan jiwa kreatif pemberani dan bertanggung jawab. Disamping itu agar generasi muda menjadi manusia – manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi,” kata Letkol Arm Rico Ricardo Sirait.

“Dengan demikian melalui kegiatan perkemahan ini marilah kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita, perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun bangsa dan NKRI. Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata, sebagai generasi penerus, segenap anggota Pramuka bersama – sama seluruh komponen bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan – kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat,” tutur Letkol Arm Rico Ricardo Sirait.

“Saya ingin menyampaikan beberapa pesan harapan dan arahan agar kegiatan ini dapat berjalan terus – menerus sampai kepada generasi – generasi yang akan datang. Tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda. Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras, serta cerdas dan ikhlas. Ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara,” ucap Letkol Arm Rico Ricardo Sirait.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon Trembesi, Mahoni Mangga, Rambutan, Nangka sebanyak 500 batang pohon.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan kodim 0623/ Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Kapolsek Ciwandan diwakili Iptu Pol Usep (Kanit lantas Polsek Ciwandan), Nanang Umarnafis (Lurah Tamanbaru), H. Wahyono (Ketua Yayasan Al-Arrof), para Danramil dan Perwira staf Makodim 0623/ Cilegon, serta para peserta Saka Wira Kartika dan tamu undangan lainnya.

(Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.