Kapolri Pimpin Upacara Sertijab Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri Dan 5 Kapolda Di Mabes Polri

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri dan 5 Kapolda yang bertugas di Indonesia. Acara Sertijab berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, pada Kamis 24 Januari 2019 pagi tadi pukul 08.00 WIB.


Selaku Inspektur Upacara Tito Karnavian, kemudian memimpin acara mutasi 17 Pati Polri tersebut.

Komjen Pol Arief Sulistyanto yang baru menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri sejak 17 Agustus 2018 atau kurang lebih lima bulan, kini mendapat penugasan baru sebagai Kalemdiklat Polri.

Sementara posisi Kabareskrim kini akan diemban oleh Irjen Pol Idham Azis, yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya.

Posisi Idham kini dijabat oleh Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, yang dahulu adalah Asrena Kapolri, sekaligus Satgas Nusantara.

Asrena Polri kini dijabat oleh lrjen Pol Agung Sabar Santoso, yang sebelumnya menjabat Wairwasum.

Selain itu, Kabaintelkam Polri kini dijabat oleh Komjen Pol Unggung Cahyono, menggantikan Komjen Pol Lutfi Lubihanto.

Irjen Pol Rudy Sufahriadi juga salah satu Pati yang dirotasi. Ia tak lagi menjabat Komandan Korps (Dankor) Brimob, namun menjadi Asops Kapolri.

Jabatan yang ditinggalkan Rudy, kini diemban oleh Irjen Pol Ilham Salahudin, yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Brigjen Pol Choki Manurung, meninggalkan posisinya sebagai Kapolda Bengkulu. Coki kini mengisi posisi terdahulu Ilham.

Kemudian posisi Kapolda Bengkulu akan dijabat Brigjen Pol Supratman, yang saat ini adalah Wakapolda Jawa Barat.

Posisi Kapolda Malut juga dirotasi, kini Brigjen Pol Suroto mengemban amanah itu usai sebelumnya menjabat Karopsi SSDM Polri.

Pati Densus 88 AT Polri Irjen Pol Hamidin dirotasi menjadi Kapolda Sulsel, menggantikan Irjen Pol Umar Septono yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wairwasum Polri.

Selain itu, Kapolda Sulteng kini dijabat oleh Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, yang dulunya menjabat Wakapolda Kaltim.

Posisi yang ditinggalkan Lukman kini dijabat oleh Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan. Sebelum menjabat Wakapolda Kaltim, Eddy bertugas sebagai Karoinopsnal Baharkam Polri.

Tito mengajak para perwiranya ini, untuk turut bersumpah dalam acara Sertijab tersebut. Pantauan Jurnalline.com, mereka mengulang ucapan sumpah yang dibacakan oleh Tito.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia, akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab , “ujar Tito, Kamis 24 Januari 2019.

Diketahui, keputusan mutasi jabatan ini tertuang dalam surat Telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019, tertanggal 22 Januari 2019. Adapun surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

(Yati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.