Dapat Kucuran 6,5 Miliar Distanakan Kab.Minahasa Prioritaskan Pengembangan Umbi-Umbian

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Kepala Bidang holtikuktur Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Ir Elke J.Rambing, menuturkan bahwa tahun 2019 ini secara umum mendapat bantuan pemerintah pusat dengan total anggaran sebesar 6,5Miliar.

Hal ini dikatakan Kadis Pertanian Kabupaten Minahasa Ir Suhban F.Torar, didampingi Sekretaris Margaretha Ratulangi melalui Kabid Holtikuktura Ir Elke J.Rambing kepada wartawan jurnalline.com diruangkerjanya.

Diupayakan dengan mempersiapkan area lahan seluas 20 hektar, pengembangan farites umbi umbian akan di fokuskan pada jenis tanaman pisang goroho. Jenis ini dipilih karena cara penanganannya tidak terlalu rumit.

Lanjut Rambing, dengan adanya beragam bantuan dari Kementrian Pusat juda Pemprov dan Pemkab kepada Dinas Pertanian, maka kami berupaya akan memfokuskan tanaman pisang goroho ini dibeberapa lokasi, yakni lokasi yang berada dilembean timur, mandolang, dan kombi.

“Selain pisang goroho putih, di lokasi tersebut juga wilayah yang tersebar di kabupaten Minahasa, ditinjau dari iklim dan struktur tanah, sangat berharap para kelompok petani dapat jemput bola untuk mensukseskan program ROR-RD,”

Dikatakam selain pengembangaan Umbi umbian, juga diupayakan pengembangan farites cabe rawit, yang akan dimaksimalkan di 25 kecamatan yang ada di kabupaten Minahasa. Selanjutnya untuk pengembangan Jeruk, akan difokuskan didaerah Pineleng, Tombulu, Pantai Tmur, Kombi dan Lembean timur.

Minahasa yang sangat luas dan struktur tanah yang subur, selain lahan pertanian, yang tersebar di 127 desa Kabupaten Minahasa, seperti memaksimalkan pelayanan dan peningkatan hasil perkebunan pertanian seperti Bawang Merah,

“Bawang merah lanjutnya, akan dikembangkan dilokasi kawasan lahan subur Tompaso barat, dan Langowan barat. Sama halnya dengan bawang putih akan dikembangkan di Langowan barat dan Tompaso.” Pungkas Rambing menambahkan peran para petani, akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Minahasa.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.