Mentri Sosial Era Kabinet Pembangunan IV Tutup Usia

Spread the love

Jurnalline.com Jakarta – Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan IV pada era pemerintahan Soeharto, Dr Nani Soedarsono, meninggal dunia karena sakit setelah dirawat di RS Medistra, Jakarta Sabtu 16 Febuari 2019, pukul 15.10 WIB.

Sekjen Kementrian Sosial Hartono Laras yang dihubungi ANTARA di Jakarta, Sabtu mengatakan, Nani yang menjabat Mentri Sosial pada tahun 1983 – 1988 terebut akan dimakamkan di TMP Kalibata pada Minggu 17 Febuari 2019.

“Betul, beliau sakit dan dirawat di RS Medistra. Keluarga Besar Kementrian Sosial menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya beliau, “katanya.

Nani Soedarsono lahir di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, 28 Maret 1928. Ia merupakan alumni Fakultas Hukum Unversitas Gadjah Mada. Nani juga aktif di organisasi sosial dan politik.

Sebelum menjabat Mentri, Nani yang memiliki nama Rr Naryati sudah memegang berbagai jabatan penting, antara lain Wakil Ketua DPP Golkar, anggota Komisi III DPR, Sekjen Kowani, dan Ketua Umum Himpunan Wanita Karya.

Nani menikah dengan Soedarsono pada 1953 yang merupakan teman kuliahnya di FH UGM. Pasangan ini dikaruniai seorang putra dan dua putri.

Dikutip dari www.nanisoedarsono.com, kemampuan intelektual yang diperoleh dari perguruan tinggi, mendorong Nani membaktikan kemampuannya dengan mendirikan sekolah dan menjadi guru SMA ‘Indonesia”, sekolah lanjutan untuk pemuda Indonesia meski mereka sudah tidak remaja lagi.

Murid – muridnya kebanyakan berasal dari luar Jawa, karena keterbatasan sarana gedung sekolah.

Potensi dan kemampuannya tidak berhenti sebagai guru, disela sela kuliahnya pun digunakan untuk menjadi penyiar RRI Yogyakarta, mengasuh program tentang wanita. Saat Nani masih mahasiswa sampai lulus menjadi sarjana hukum, beliau membaktikan dirinya sebagai staff di Balai Penelitian dan Peninjauan Sosial Yogyakarta.

Sekarang Nani telah pergi meninggalkan kita semua, “Selamat Jalan Ibu, Semoga Segala Amal Ibadah Mu, PengabdianMu untuk Bangsa ini, Menjadikan Ladang Amal, Yang menempatkan Mu diSurgaNya. Aamiin Ya Allah

(Yti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.