Camat Pinang Agun Djumhendi Ternyata Mantan Penembak Jitu Dari TNI

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang – M. Agun Djumhendi Junus, S.Sos. yang kini menjabat sebagai Camat Pinang Kota Tangerang ternyata salah satu penembak jitu sebelum bertugas sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang.

Agun sebelum menjadi Camat ternyata mantan perwira tentara nasional (TNI) dengan menduduki jabatan sebagai Komandan Rayon Militer (Danramil) dengan pangkat letnan satu (Lettu) pernah mendapat penghargaan sebagai penebak jitu dan mendapat lencana (wing sniper) dari kesatuannya.

Bagi pria kelahiran 14 Agustus 1971 itu, pengalaman adalah guru yang paling berharga, dimana pada tahun 1992 hingga tahun 1994 silam, Agun bertugas di Kabupaten Manokwari, Provinsi Irian Jaya, yang sekarang telah menjadi Ibukota Provinsi Papua Barat.

Saat itu sebagai Danramil, Agun banyak mendapat pengalaman di daerah konflik, seperti perang suku hingga gangguan keamanan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang didirikan pada tahun 1965 untuk mengakhiri pemerintahan Provinsi Papua dan Papua Barat yang sebelumnya dikenal sebagai Irian Jaya.

Selama dia bertugas di daerah terpencil banyak sekali pengalaman yang dia dapat. Namun disanalah dia merasakan perbedaan dan keragaman terlihat indah.

“Kadang kami harus mendamaikan perang suku disana. Setelah berdamai mereka rukun kembali. Allhamdullilah semua bisa diatasi,” katanya, Senin (11/3/2019).

Setelah dua tahun bertugas, ia kemudian diperbantukan ke wilayah Kota Tangerang yang kala itu masih kota adminstratif sebagai Kasi Pemerintahan Kecamatan Benda.

Agun juga pernah dua kali menjabat sekretaris camat di tempat yang sama yaitu, di Kecamatan Tangerang. Pada tahun 1996, Agun yang masih berusia 25 tahun, merupakan Sekcam termuda se Provinsi Jawa barat, sebelum pemekaran Banten.

(Iwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.