Etchmi Moniung SH : Wujudkan Desa Maju Berkembang

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Desa Kanonang I Kecamatan Kawangkoan Barat, Etmi Moniung SH didampingi Kades Kanonang Satu Luki G. Kasenda SE, Rabu (20/03/2019) pagi tadi melaksanakan sosialisasi pembangunan desa berkembang bertempat di Gedung pertemuan Desa Kanonang satu menuturkan, pelaksanaan Penilaian Desa ini sesuai dengan Permendagri no 12 tahun 2017 tentang desa.

Terkait dengan peran LPM, Karang Taruna, PKK, BPD, Organisasi Bumdes Desa Kanonang satu ujar Camat Kawangkoan Barat, merupakan unsur terkait dalam hal peningkatan mutu perangkat desa yang merupakan barometer kualitas kemajuan desa itu sendiri.

“Terkait dengan segi peningkatan kualitas hidup, desa merupakan sumbangsih keberadaannya di berbagai bidang dan menuju pada suatu capaian desa berkembang tidak terlepas pada Kebersihan dan keindahan, kualitas peningkatan masyarakat akan sangat berpengaruh pada bidang hidup lainnya.”

“Ekonomi masyarakat akan meningkat jika ada perkembangan peningkatan dari berbagai bidang namun harus mengikuti regulasi dan sistem yang ada.” Jelasnya

Salah satu point penting adalah dengan menunjang program pemerintah yang ada di kabupaten Minahasa. Oleh karenanya
10 desa yang ada di Kecamatan Kawangkoan Barat agar terus berpacuh dalam pemanfaatan program pemkab terhibahkan di tengah masyarakat.

“Tahun lalu ada pelatihan bagi perangkat desa, terkait inovasi pengembangan SDM, dalam hal pemberdayaan masyarakat desa, berusaha dengan ide inovasi dimasing masing desa sehinga keberhasilan yang diraih pada lomba desa tigkat kabupaten dan tingkat nasional ditahun 2016/2017 mampu dipertahankan serta dipacuh peningkatan dan pengembangan sesuai skala prioritas dan inovasi desa.”

“Bekerjasama dalam Pemberdayaan serta pengelolaan dana desa, mampu menepis Kritikan yang memotifasi, karena dalam melakukan pekerjaan sebagai instrospeksi. Kita perlu kritikan guna meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” Pungkas Camat Kawangkoan Barat E. Moniung, SH. Desa Kanonang akan terus Maju dan Berkembang.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.